Berita Gresik

PT Polowijo Gosari Bangun Masjid di Gresik Untuk Pemersatu Umat & Pusat Studi Peradaban Islam

Masjid Akbar Moed'har Arifin, Jalan Raya Daendels, Wadeng Sidayu Gresik dipenuhi tiga ribu lebih umat Islam

PT Polowijo Gosari Bangun Masjid di Gresik Untuk Pemersatu Umat & Pusat Studi Peradaban Islam
SURYA.co.id/Sugiyono
Chairman PT Polowijo Gosari Group H. A Djauhar Arifin (pegang mik) memberi sambutan kepada jamaah Masjid Akbar Moed'har Arifin, sebelum pemberian hadiah motor dan umroh, Minggu (11/8/2019) 

SURYA.co.id | GRESIK - Masjid Akbar Moed'har Arifin, Jalan Raya Daendels, Wadeng Sidayu Gresik dipenuhi tiga ribu lebih umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah solat Idul Adha. Masyarakat antusias karena ada hadiah motor, umroh dan daging qurban.

Masjid yang belum selesai dibangun di lahan seluas 40 hektar itu dipenuhi jamaah dari berbagai daerah untuk bersama-sama melaksanakan solat subuh berjamaah. Kemudian dilanjutkan doa bersama dan baru solat Idul Adha.

Chairman PT Polowijo Gosari Group H. A Djauhar Arifin mengatakan, pembangunan Masjid Akbar Moed'har Arifin ini tidak hanya untuk beribadah. Namun, juga untuk pusat edukasi, tourism dan pemersatu umat.

Dari banyaknya fungsi masjid tersebut, diharapkan suluruh umat muslim dapat memanfaatkan dan memakmurkan masjid. Baik dari Nahdliyyin, Muhammadiyah dan ormas Islam lainnya bisa ikut meramaikan masjid tersebut. Seperti mengadakan kajian-kajian tentang Al Qur'an dan lain-lainnya.

"Alhamdulillah, masjid ini belum selesai dibangun sudah dicintai masyarakat. Sehingga tugas saya yaitu untuk memakmurkan masjid dan memanjakan jama'ah dengan segala inovasi

Kemudian memperbanyak ibadah. Sehingga kita buat banyak kegiatan, seperti kajian Al Qur'an dan kajian lain-lainnya," kata Arifin, usai solat idul Adha bersama masyarakat, Minggu (11/8/2019).

Rencananya, masjid tersebut juga akan dilengkapi dengan bangunan musium yang berisikan peradaban umat Islam dari berbagai dunia. Sehingga bisa menjadi tempat belajar bagi generasi muda dan seluruh ormas Islam dapat bergantian melakukan kajian ilmiah.

Selain itu, di sekitar Masjid Akbar Moed'har Arifin juga akan dibangun tempat pendidikan tingkat SMA yang bekerjasama dengan Al Azhar. Kemudian, para siswa yang ingin melanjutkan ke Kairo, Harvard dan lainnya bisa diberi beasiswa.

"Nanti perguruan tinggi Al Azhar masuk sini. Nanti kita bangun SMA juga. Nanti lulusan Al Azhar yang ingin mau melanjutkan ke Ummul Quro, Al Azhar di Kairo, mau ke Harvard, nanti kita sebagai perwalian bisa mengantarnya. Anak-anak yang pintar nanti kita subsidi," imbuhnya.

Sementara, hari raya idul Adha, Masjid Akbar Moed'har Arifin menyembelih hewan qurban sapi sebanyak 25 ekor dan kambing 20 ekor lebih. Rencananya, daging qurban akan dibagikan ke 4 kecamatan disekitar PT Polowijo Gosari. "Nanti daging qurban dibagikan ke 4 kecamatan dan 20 desa sekitar perusahaan serta untuk kaum dhuafa," tuturnya. (ugy/Sugiyono).

Penulis: Sugiyono
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved