Berita Lamongan

Pengangguran di Kabupaten Lamongan Jawa Timur Capai 20.600 orang, Disnaker Genjot Pelatihan Kerja

- Angka pengangguran di Kabupaten Lamongan Jawa Timur masih cukup tinggi, mencapai 20.600 orang.

Pengangguran di Kabupaten Lamongan Jawa Timur Capai 20.600 orang, Disnaker Genjot Pelatihan Kerja
SURYA.co.id/Hanif Manshuri
Kaum hawa mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerjas Dinas Tenaga Kerja Lamongan 

SURYA.co.id | LAMONGAN - Angka pengangguran di Kabupaten Lamongan Jawa Timir  masih cukup tinggi, mencapai 20.600 orang.

Pengangguran sebanyak itu, menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker)  Lamongan, Hamdani Azhari tergolong cukup tinggi.

Upaya untuk mengurangi pengangguran, Disnaker intens  menggelar pelatihan - pelatihan berbasis kompetensi di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker.

"Pelatihan berbasis kompetensi dan masyarakat di antaranya, hand skill  yang berlangsung selama 30-36 hari," kata Hamdani, Minggu (11/8/2019).

Pelatihan service kendaraan roda dua, mobil,  pengelasan, menjahit, prosesing tata boga, pertukangan, teknologi mekanikal terus dilakukan.

Lulusan Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Lamongan selama ini juga sangat  banyak yang diserap di sejumlah perusahaan. 

Dari sebanyak 472 orang yang ikut pelatihan di Disnaker, sudah banyak yang diserap sejumlah entrepreneur." Ya sekitar kurang lebih 2,0 persen," katanya.

Hamdani bergarap melalui usaha keras Disnaker, melalui pelatihan - pelatihan akan cenderung menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Lamongan. 

Terdata, pada 2017, angka pengangguran sebesar 4,12 persen atau 26.300 orang, turun menjadi 20.600 orang atau 3,17 persen pada tahun 2018.

Jumlah pengangguran yang masih tinggi ini disebabkan karena peluang dan lowongan kerja yang terbatas dan juga jumlah lowongan yang disediakan memang banyak yang tidak sesuai dengan kejuruan lulusan sekolah atau sarjana para pencari kerja.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved