Sapi Kurban Presiden Jokowi dan Gubernur Khofifah Tiba di Masjid Al Akbar Surabaya

Sapi kurban Presiden Jokowi tiba di Masjid Nasional Al Akbar, Jumat (9/8/2019) sore. Daging sapi kurban itu akan dibagikan ke 3 ribu orang.

Sapi Kurban Presiden Jokowi dan Gubernur Khofifah Tiba di Masjid Al Akbar Surabaya
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro
Sapi kurban Presiden Jokowi dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sudah tiba di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jumat (9/8/2019).  

SURYA.co.id | SURABAYA - Sapi kurban Presiden Jokowi tiba di Masjid Nasional Al Akbar, Jumat (9/8/2019) sore.

Sapi jenis peranakan ongole (PO) berwarna putih tersebut tiba bersama dengan sapi kurban milik Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, serta sapi kurban Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak. 

Humas Masjid Nasional Al Akbar, Helmy M Noor mengatakan bahwa sapi bantuan kurban dari Presiden Jokowi itu bakal disembelih di Hari Raya Idhul Adha kedua tepatnya pada Senin (12/9/2019). 

"Sapi kurban Pak Presiden tiba sore ini. Sapinya berusia 4 tahun asal Peternak desa Pangkah Kulon, Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik," kata Helmy. 

Sapi tersebut memiliki tinggi badan 160 sentimeter dan panjang badan 176 sentimeter. Berat badannya sebesar 1080 kilogram atau 1 ton lebih. Sapi ini merupakan salah satu sapi terbaik Jawa Timur. 

Sapi kurban Presiden Jokowi ini langsung menarik perhatian masyarakat di sekitar Masjid Nasional Al Akbar. Tak jarang beberapa orang mengambil selfie di depan sapi kurban orang nomor satu di Indonesia tersebut. 

"Sapinya disembelih Senin pagi pukul 06.00 WIB," tandas Helmy. 

Tidak hanya sapi kurban milik Presiden Jokowi yang sudah tiba di Masjid Nasional Al Akbar. Sapi kurban milik Gubernur Khofifah juga sudah tiba di samping sapi Presiden Jokowi

Sapi kurban Gubernur Khofifah berjenis sama dengan sapi kurban Presiden Jokowi yaitu jenis peranakan Ongole (PO) berusia empat tahun. Sapi kurban tersebut didatangkan dari Desa Takerharjo Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. 

Sapi tersebut bertinggi badan 150 sentimeter, panjang badan 162 sentimeter, lingkar dada 223 sentimeter dan berat badan 1000 kg atau 1 ton. 

"Spesialnya dalam pembagian daging kurban nantinya kita akan menggunakan besek, no plastic," kata Helmy sembari menunjukkan besek yang bakal digunakan untuk pembagian daging kurban.

Setidaknya ada 3000 besek yang disediakan oleh Masjid Nasional Al Akbar. Yang nantinya digunakan untuk pembagian saat usai disembelih. 

Selain itu Helmy menjamin bahwa higienis proses penyembelian kurban juga dilakukan. Jeroan hewan kurban akan diolah setengah matang. Kotoran hewan kurban akan diolah menjadi kompos. Dan tidak akan ada limbah penyembelihan yang dibuang ke sungai.

Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Pemprov Jawa Timur Hudiyono mengatakan sapi kurban Gubernur Khofifah adalah salah satu sapi terbaik di Lamongan. Bahkan mantan juara kontes ternak di tahun 2018 lalu. 

"Baik sapi kurban Pak Presiden dan Ibu Gubernur, Pak Wagub dan Pak Sekda Prov Jatim sudah lolos pemeriksaan kesehatan. Semua bebas penyakit dan sehat. Nanti kurban tersebut akan disembelih oleh panitia dan didistribusikan pada masyarakat," kata Hudiyono. 

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved