Berita Nganjuk

Raih Kursi Terbanyak, PDIP Nganjuk Berpeluang Dapat Jatah Kursi Ketua DPRD, Siapa Sosoknya?

PDI Perjuangan memiliki peluang besar mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk periode 2019-2024.

Raih Kursi Terbanyak, PDIP Nganjuk Berpeluang Dapat Jatah Kursi Ketua DPRD, Siapa Sosoknya?
surya.co.id/ahmad amru muiz
Ketua DPC PDIP Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjanto. 

SURYA.co.id | NGANJUK - PDI Perjuangan memiliki peluang besar mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk periode 2019-2024.

Hal ini setelah dalam Pileg 2019, PDI Perjuangan mendapatkan 13 kursi DPRD Jatim.

“Sesuai dengan UU MD3 sudah sepakat sebagai Ketua DPRD itu dijabat oleh Parpol pemenang pemilu, dan untuk DPRD Kabupaten Nganjuk PDIP mendapat kursi parlemen terbanyak,” kata Tatit Heru Tjahjanto, Ketua DPC PDIP Kabupaten Nganjuk, Jumat (9/8/2019).

Meski demikkan, dikatakan Tatit, pihaknya masih belum berani memastikan siapa yang akan ditunjuk oleh partainya untuk posisi ketua DPRD.

Ini dikarenakan DPC PDIP Nganjuk akan mengonsultasikan berbagai aspirasi yang berkembang di internal DPC PDIP Nganjuk.

“Jadi siapa nanti Anggota DPRD yang akan ditunjuk sebagai ketua DPRD Nganjuk periode 2019-2024 juga tidak lepas dari intruksi DPP PDIP, agar tidak menimbulkan konflik di internal partai,” ucap Tatit.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk telah menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Nganjuk pada Pemilu 2019.

KPU menetapkan perolehan kursi partai politik, sekaligus menetapkan 50 calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Nganjuk.

Dari hasil penetapan perolehan kursi partai politik tersebut, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sebagai partai dengan raihan kursi terbanyak yakni 13 kursi.

Kemudian disusul Partai Kebangkitan Bangsa memperoleh 9 kursi, Partai Gerakan Indonesia Raya 6 kursi, Partai Golongan Karya 5 kursi, dan Partai Nasdem 3 kursi.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera 2 kursi, Partai Persatuan Indonesia 1 kursi, Partai Persatuan Pembangunan 2 kursi, Partai Hati Nurani Rakyat 6 kursi, dan Partai Demokrat 3 kursi.

Keseluruhan total perolehan kursi partai politik sebanyak 50 kursi yang terbagi dalam 10 partai politik.

Ketua KPU Nganjuk, Pujiono mengatakan, KPU Nganjuk sudah mengirimkan surat usulan pelantikan anggota DPRD Nganjuk periode 2019-2024 kepada Gubernur Jatim Khofifan Indar Parawansa melalui Bupati Nganjuk Novi Rahmat Hidhayat.

"Diharapkan dan sesuai aturan, pelantikan anggota DPRD Nganjuk sesuai dengan masa akhir jabatan DPRD Nganjuk Periode 2014-2019," tutur Pujiono.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved