KPU Jatim

Pekan Depan KPU Jatim Tetapkan Caleg Terpilih, berikut Perolehan Kursi Parpol DPRD Jatim 2019-2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur akan menetapkan Calon Legislatif terpilih untuk DPRD Jawa Timur 2019-2024 di salah satu hotel di Surabaya.

surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro ketika memberikan penjelasan di sela Rapat Evaluasi Pemilu 2019 yang berlangsung di Surabaya, Selasa (23/7/2019). Pekan depan Selasa (13/8/2019) KPU Jatim akan menetapkan caleg terpilih. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur akan menetapkan Calon Legislatif terpilih untuk DPRD Jawa Timur 2019-2024 di salah satu hotel di Surabaya pada Selasa (13/8/2019).

Di dalam penetapan tersebut akan diikuti oleh sejumlah peserta pemilu, mulai partai politik hingga 120 caleg DPRD Jatim terpilih.

"Caleg diundang melalui partai masing-masing," kata Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (9/8/2019).

Tak hanya peserta pemilu, pihaknya juga mengundang jajaran forum pimpinan daerah (Forpimda) di lingkungan Jawa Timur.

"Kami juga mengundang Gubernur (Khofifah Indar Parawansa), ormas (organisasi kemasyarakatan), OKP (organisasi kepemudaan), hingga kawan-kawan pers," katanya.

Penetapan tersebut menjadi rangkaian pemilu setelah KPU Jatim selesai menghadapi gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Di dalam proses PHPU di MK, ada empat perkara yang teregistrasi untuk pileg DPRD Jatim. Namun, pada putusannya, MK tak mengabulkan seluruh gugatan tersebut.

Dengan demikian, hampir dapat dipastikan bahwa PDI Perjuangan memimpin perolehan kursi DPRD Jatim, terlihat dari hasil rekapitulasi suara oleh KPU Jatim yang selesai pada Jumat (10/5/2019) lalu.

Menggunakan metode perhitungan sainte league terhadap 14 daerah pemilihan di Jatim, terungkap bahwa PDI Perjuangan sukses mengemas 27 kursi dari total 120 kursi DPRD Jatim (22,5 persen) sekaligus memimpin perolehan kursi.

Di bawah PDI Perjuangan, berturut-turut ada PKB (25 kursi), Gerindra (15 kursi), Demokrat (14 kursi), dan Golkar (13 kursi) yang juga masuk jajaran lima besar partai dengan kursi terbanyak.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved