Pakde Karwo Jadi Komisaris Utama Semen Indonesia, DPP Siapkan Plt Ketua Demokrat Jatim

Partai Demokrat sedang mencari pelaksana tugas untuk menggantikan tugas-tugas pakde Karwo sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim.

Pakde Karwo Jadi Komisaris Utama Semen Indonesia, DPP Siapkan Plt Ketua Demokrat Jatim
SURYA.co.id/Bobby Constantine Koloway
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jawa Timur, Soekarwo pun memberikan arahan khusus kepada para anggota dewan terpilih dalam tajuk Temu Kader Partai Demokrat se-Jatim, Sabtu, (13/7/2019) di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat menjelaskan telah mengetahui Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jawa Timur telah menjadi Komisaris Utama (Komut) Semen Indonesia.

Menindaklanjuti hal tersebut, Demokrat menyiapkan sejumlah figur menjadi pelaksana tugas (Plt) Ketua Demokrat Jatim menggantikan Pakde Karwo (sapaan Soekarwo).

Ketua DPP Demokrat, Didik Mukrianto menjelaskan bahwa pihaknya baru mengetahui hal tersebut dari sejumlah media.

"Saya pribadi sudah mengetahui tentang standing Pakde Karwo yang diangkat sebagai Komut Semen Indonesia dari kabar yang di release dari berbagai media massa," kata Didik kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (9/8/2019).

Oleh karena itu, pihaknya menegaskan bahwa Pakde Karwo memang sudah seharusnya mundur dari jabatan di partai.

Pihaknya mengacu pada Peraturan Menteri BUMN PER-02/MBU/02/2015.

"Dalam konteks itu, kalau benar adanya (menjabat Komut), tentu konsekuensi logis maka tidak diperbolehkan adanya rangkap jabatan sebagai pengurus parpol," jelas Didik menegaskan.

Menindaklanjuti hal itu, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah. "Terkait dengan hal tersebut diatas, saya meyakini akan berproses sesuai mekanisme peraturan perundangan yang berlaku," katanya.

Di antaranya, dengan menunjuk Plt Ketua DPD Demokrat Jatim. Sebab, masa jabatan Ketua DPD Demokrat Jatim baru akan berakhir pada 2021 mendatang.

"Untuk memastikan roda organisasi partai tetap berjalan, maka tidak boleh ada kekosongan kepemimpinan," kata Didik menjelaskan.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved