Berita Tuban

Warga Tuding Pabrik Semen Indonesia Tak Ramah Lingkungan, DPRD Tuban Minta Uji Lab Ulang

Riset disinyalir dilakukan sepihak, makanya Komisi A DPRD Tuban minta reschedule uji lab kondisi udara pabrik Semen Indonesia

Warga Tuding Pabrik Semen Indonesia Tak Ramah Lingkungan, DPRD Tuban Minta Uji Lab Ulang
surya/m sudarsono
Suasana hearing antara PT Semen Indonesia dengan warga Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, yang difasilitasi Komisi A DPRD Tuban, Kamis (8/8/2019). Pada hearing itu, warga menilai pabrik Semen Indonesia tak ramah lingkungan. 

SURYA.co.id | TUBAN - Ketua Komisi A DPRD Tuban, Agung Supriyanto, menanggapi warga Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, yang mempersoalkan udara bersih di sekitar perusahaan PT Semen Indonesia.

Menurut politisi PAN tersebut, jika memang kondisi polusi udara di sekitar perusahaan tidak bagus, maka perlu dijadwalkan uji laboratorium ulang.

"Kalau berdasarkan Pergub baku mutu 0,26 mg/Nm3, itu untuk debu," kata Agung seusai memimpin hearing, Kamis (8/8/2019).

Warga Desa Sumberarum Tuban Sebut Pabrik Semen Indonesia Tak Ramah Lingkungan, Begini Klarifikasi SI

Agung menjelaskan dari hasil uji udara bersih yang dilakukan perusahaan Semen berplat merah, dengan menggandeng Unilab dari Surabaya menunjukkan angka 0,1 mg/Nm3-0,8 mg/Nm3.

Kendati demikian, hasil tersebut justru bertolak belakang dengan apa yang disampaikan warga.

"Ternyata warga bilang kualitas udara di sana masih buruk. Hasil uji lab ini kan bertolak belakang dengan apa yang disampaikan warga. Riset juga disinyalir dilakukan sepihak, makanya kita minta reschedule uji lab," ujarnya.

Bahkan, Agung juga menduga adanya kemungkinan salah input data atau bahkan lembaga survei ini tergantung siapa yang pesan.

Dia mengibaratkan tak ubahnya seperti metode tukang jahit, pelanggan pesan ukuran L ya dibuatkan, pesan M juga dibuatkan.

"Bisa juga seperti itu, makanya kita minta reschedule uji labnya melibatkan masyarakat dan stakeholder setempat," pungkasnya.

Laporan Wartawan Surya, Mochamad Sudarsono

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved