PLN

Perjuangan PLN Dalam Melistriki Jawa Timur-Bali

Beban puncak tertinggi yang pernah tercapai sebesar 900,10 MW dan diprediksi di tahun 2019 beban puncak mencapai 932 MW.

Perjuangan PLN Dalam Melistriki Jawa Timur-Bali
foto: istimewa
Gardu induk PLN. 

SURYA.co.id | - Gencarnya pembangunan Indonesia berdampak dalam semua segi, termasuk kelistrikan. Menanggapi hal tersebut PLN berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan salah satunya yaitu dengan penambahan kapasitas pembangkit, Gardu Induk dan Jaringan Transmisi agar pasokan di Jawa Timur tetap terpenuhi

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB) I memiliki tugas untuk melakukan pembangunan di Wilayah Jawa Bagian Timur dan Bali.

Untuk meningkatkan efektifitas proses pengelolaan kegiatan konstruksi pembangkit dan jaringan, dalam pencapaian target penyelesaian maka dibentuk Unit Organisasi di bawah PT PLN (Persero) UIP JBTB I yaitu sebagai berikut:

1. PT PLN (Persero) UPP KITRING JBTB 1 yang bertempat di Surabaya;

2. PT PLN (Persero) UPP KITRING JBTB 2 yang bertempat di Malang;

3. PT PLN (Persero) UPP KITRING JBTB 3 yang bertempat di Bali.

Proyek-proyek pelaksanaan yang dilakukan UIP JBTB I, diantaranya GI (Gardu Induk) 150 kv New Porong, SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 150 kV Surabaya Selatan-Kalisari, Rekonfigurasi SUTT 150 kV Karang Pilang Waru-Rungkut, GI 150 kV Sedati, Relokasi SUTT 150 kV dan 70 kV Waru-Buduran-Porong-Bangil, SKTT 150 kV Krian-Karangpilang, GI 150 kV Purwosari, SUTT 150 kv New Kediri – New Tulungagung- New Wlingi, Java Bali Power Transmission Project, GI 150 kV Grati Ext, GIS 150 kV Pesanggaran , GI 150 kV Kapal Ekstension dan sebagainya.

Banyaknya proyek pembangunan dan terbatasnya jumlah pekerja merupakan tantangan khusus bagi PLN untuk dapat mengefektifkan pegawainya dalam menjawab tantangan pembangunan. Banyak perjuangan yang dilakukan mulai dari lini bawah sampai lini atas dalam melaksanakan pembangunan pembangkit dan transmisi.

Butuh waktu, tenaga dan keberanian ekstra, belum lagi meninggalkan keluarga, adalah sudah biasa bagi pegawai PLN UIP JBTB I dari segala bidang. Tidak ada kata lelah ataupun menyerah dalam melaksanakan pembangunan.

Integritas untuk melakukan pembangunan kelistrikan akan selalu dipegang oleh seluruh pegawai PLN. Harapan seluruh pegawai adalah melihat seluruh Indonesia terlistriki dengan baik.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved