Berita Surabaya

Mobil Formula Listrik Anargya EV MARK 1.0 Karya Mahasiswa ITS Memiliki Komponen Canggih

Mobil formula listrik Anargya EV MARK 1.0 karya mahasiswa ITS Surabaya, memiliki body yang ringan dan kuat

Mobil Formula Listrik Anargya EV MARK 1.0 Karya Mahasiswa ITS Memiliki Komponen Canggih
istimewa
Anargya EV MARK 1.0, mobil formula listrik pertama yang diproduksi oleh Tim Anargya ITS 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mobil formula listrik Anargya EV MARK 1.0 karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, memiliki body yang ringan dan kuat. Dikatakan oleh Alif Wikarta Pembimbing tim mobil elektrik tersebut, bahwa body yang terbuat dari carbon fiber composite yang dibuat sendiri oleh mahasiswanya. 

"Dibuat sendiri oleh mereka kemudian dilengkapi dengan motor dan controller yang dibuat oleh peneliti dari ITS sendiri. Motor dan controllernya itu mampu mencapai pik nya hingga 60 hp," terangnya, Kamis, (8/8/2019). 

Akan tetapi, Alif masih melihat prosedur lomba Formula Student Japan yang diselenggarakan oleh Society of Automotive Engineers seberapa besar yang akan dilombakan dari kecepatannya. 

Rektor ITS Resmikan Mobil Formula Listrik Anargya EV MARK 1.0

Adapun untuk baterai motor yang digunakan berjenis lithium polymer yang memiliki daya yang tinggi.

"Jadi di saat awal dia bisa ditarik sampai 10-20 V. Berarti bisa menghasilkan power yang sangat besar di awal," imbuhnya. 

Selain itu dilengkapi juga Baterai management sistemnya, yaitu mengatur tiap sel baterai yang satu sama lain bisa bebarengan habisnya baik dari hardware maupun software. 

"Dan itu hasil dari penelitian dari ITS. Sedangkan bertahan berapa lama kita sesuaikan dengan perlombaannya supaya beratnya ringan karena tidak menambah baterai," ujarnya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin 

Penulis: Samsul Arifin
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved