Berita Surabaya

Bandara Internasional Juanda Raih Akreditasi Internasional dari Airports Council International

Selain Bandara Juanda, juga ada sembilan bandara lain di Indonesia yang memperoleh akreditasi tersebut.

Bandara Internasional Juanda Raih Akreditasi Internasional dari Airports Council International
SURYA.co.id/Fatkhul Alamy
Calon penumpang memadati Terminal 1 keberangkatan domestik Bandara Juanda 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

SURYA.co.id | SIDOARJO - Bandara Internasional Juanda raih akreditasi internasional dari Airports Council International (ACI).

Akreditasi tersebut berupa Airport Customer Experience Accreditation Program.

Selain Bandara Juanda, juga ada sembilan bandara lain di Indonesia yang memperoleh akreditasi tersebut.

Yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali, Bandara Sultan Hasanuddin - Makassar, Bandara SAMS Sepinggan - Balikpapan, Bandara Jenderal Ahmad Yani - Semarang, Bandara Sam Ratulangi - Manado, Bandara El Tari - Kupang, Bandara Pattimura - Ambon, Bandara Adi Soemarmo - Solo dan yang terakhir Bandara Internasional Lombok - Praya.

General Manager Bandara Juanda, Heru Prasetyo mengatakan pihaknya bangga memperoleh akreditasi tersebut.

"Komitmen kita dalam meningkatkan pelayanan bandara khususnya kepada pengguna jasa bandara telah diakui secara internasional. Sehingga kita makin percaya diri bahwa kinerja pelayanan di Bandara Internasiona Juanda setara dengan bandara-bandara kelas dunia lainnya," ujarnya, Kamis (8/8/2019).

Ia mengatakan akreditasi ini dilakukan berdasarkan saat bandara memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna jasa bandara.

"Kriteria penilaian sendiri macam-macam. Seperti customer understanding, strategy measurement, operational improvement, governance, airport culture, service design/innovation dan airport community collaboration," terangnya.

Ia menambahkan nantinya 10 bandara tersebut akan diundang untuk menerima sertifikat akreditasi dalam ajang ACI Customer Experience Global Summit yang akan diadakan di Bali, 2-5 September 2019.

Bersama dengan bandara internasional dunia yang turut mendapatkan akreditasi seperti Bandara John F. Kennedy New York (AS), Bandara Chattrapati Shivaji Mumbai (India), Bandara Incheon (Korea Selatan) serta Bandara Internasional Halifax Stanfield (Kanada).

"Penghargaan ini juga tak lepas dari peran serta para pengguna jasa bandara. Namun bukan berarti kita berpuas diri setelah mendapatkan akreditasi tersebut akan tetapi kita makin tingkatkan pelayanan bandara. Demi keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa kebandarudaraan," pungkasnya.

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved