Berita Sidoarjo

Kontes Ternak dan Expo Peternakan 2019: Sapi Pemenang Kategori Ekstrim Ditawar Abah Ipul Rp 50 Juta

Kontes Ternak dan Expo Peternakan 2019 digelar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Kontes Ternak dan Expo Peternakan 2019: Sapi Pemenang Kategori Ekstrim Ditawar Abah Ipul Rp 50 Juta
foto: kukuh kurniawan
Sapi pemenang kategori ekstrim dalam Kontes Ternak dan Expo Peternakan 2019 Sidoarjo bererbobot 1.132 kg dan berharga Rp 100 juta. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Kontes Ternak dan Expo Peternakan 2019 digelar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memiliki beberapa kategori.

Salah satu kategori yang bergengsi adalah kategori sapi ekstrim. Dimana semua jenis sapi dipamerkan dan memiliki berat rata-rata 1.000 kg atau 1 ton.

Dalam acara itu, kategori tersebut dimenangkan sapi peternak asal Jeruk Gamping, Krian, Saiful Fuad. Sapi tersebut bobotnya mencapai 1.132 kg  setara 1,13 ton.

Perwakilan pemilik sapi kategori ekstrim, Muhammad Ali mengatakan sapi tersebut berkelamin betina dan merupakan sapi jenis simental puan.

"Tentu kita tidak menyangka berhasil menyabet pemenang kategori tersebut. Karena saingannya cukup lumayan berat," ujar, Rabu (7/8/2019).

Sapi berusia empat tahun tersebut diakuinya sejak dari anakan sengaja dibuat gemuk, khusus diikutkan kontes tersebut.

Ia pun juga menjelaskan tidak ada cara atau trik khusus dalam membuat sapi tersebut bisa menjadi pemenang.

"Tidak ada trik sama sekali. Pokoknya makan rumput dan konsentratnya diperbanyak. Serta kesehatan hewannya sendiri perlu dipantau juga," tambahnya.

Dirinya juga menerangkan bahwa sapi tersebut meski gemuk, tetapi perawatannya sangat mudah.

"Air minum harus selalu tersedia dan selalu dimandikan tiap harinya. Namun kalau mau memandikan perlu usaha sedikit susah pasalnya badan sapi cukup tinggi. Sehingga orang yang ingin memandikan harus naik palungan (tempat makan dan minum sapi) untuk mengguyurnya," jelasnya.

Sapi yang setiap harinya menghabiskan 60 kg karung rumput serta konsentrat 20 kg dan berharga Rp 100 juta tersebut juga sempat ditawar Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

"Tadi sama Pak Bupati ditawar Rp 50 Juta, namun kalau Rp 80 juta saya lepas," pungkasnya.

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved