Berita Mojokerto

Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Temukan 17 Hewan Kurban yang Sakit saat Sidak

Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap hewan kurban

Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Temukan 17 Hewan Kurban yang Sakit saat Sidak
istimewa
Dinas Pertanian kabupaten Mojokerto sedang memeriksa sapi kurban di salah daerah di kabupaten Mojokerto, Rabu (7/8/2019) 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap hewan kurban, Rabu (7/8/2019). Sidak tersebut memastikan hewan kurban yang akan disembelih tidak cacat dan bebas dari penyakit hewan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Soelistyowati, mengatakan telah melakukan sidak sebanyak 45 lapak di kabupaten Mojokerto. Totalnya 1.111 ekor kambing, 216 sapi dan 41 domba. Sidak yang digelar dari sejak Kamis (1/8/2019) lalu menemukan hewan hewan kurban yang terjangkit penyakit ringan dan belum cukup umur untuk dikurbankan.

"Hari ini kami ketambahan sapi ras Limosin, Madura, dan Simental sebanyak 60 sehat semua, 300 kambing dan domba 150 ekor. Namun, ada 17 ekor hewan kurban di daerah kabupaten Mojokerto yang terjangkit penyakit ringan dan tidak menular, Seperti gatal gatal, diare dan penyakit mata," kata Soelistyowati.

Agar hewan kurban tersebut bebas dari penyakit, pihaknya sudah memberikan obat dan vaksin kepada hewan hewan kurban yang terkena penyakit tersebut.

"Saya berharap kepada penjual hewan hewan kurban, agar segera disisihkan hewan hewan yang terjangkit penyakit supaya tidak dibeli oleh penjual," ucapnya.

Dan untuk hewan yang belum cukup umur, lanjut Soelistyowati, penjual hewan kurban tersebut memberikan tanda dan tetap dipelihara sampai usianya yang cukup untuk dikurbankan.

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved