Berita Surabaya

Cerita Alumni Apple Developer Academy - Universitas Ciputra, Metode Belajar Beda dengan Kuliah Biasa

Metode belajar di Apple Developer Academy berbeda dengan kuliah pada umumnya.

Cerita Alumni Apple Developer Academy - Universitas Ciputra, Metode Belajar Beda dengan Kuliah Biasa
TribunJatim.com/Hefty's Suud
Peresmian Apple Developer Academy di Universitas Ciputra dengan pemotongan rangkaian bunga bersama Wakil Gubernur Jawa Timur, Rabu (7/8/2019) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Apple Developer Academy kedua di Indonesia yang berada di Universitas Ciputra Surabaya resmi dibuka hari ini, Rabu (7/8/2019). Namun, kegiatan di dalam akademi tersebut sudah mulai berjalan sejak awal tahun ini, tepatnya di bulan Februari.

Salah satu pesertanya adalah Victor Nicholson Putong, alumni Universitas Ciputra. Dikatakan Putong, dalam Apple Developer Academy, ia belajar menemukan solusi berbentuk aplikasi, dari permasalahan yang ada di masyarakat.

"Belajarnya seolah sedang diberi challenge, kami dikasih waktu sekitar enam bulan untuk research, kebutuhan orang apa, bagaimana kita akan membantu, dan diaplikasikan dalam produk digital teknologi," katanya.

Emil: Apple Developer Academy Universitas Ciputra Bisa Dorong Pemuda Jatim Jadi Entrepreneur Digital

Metode belajar di Apple Developer Academy berbeda dengan kuliah pada umumnya, yang kalau kuliah mahasiswa duduk, lalu dosen menjelaskan di depan kelas.

"Di Apple Developer Academy, peserta akan belajar bersama dengan mentornya melalui materi yang aplikatif," sambungnya.

Salah satu Mentor Design di Apple Developer Academy Universitas Ciputra, Bayu Prasetya, menambahkan Challenge Base Learning (CBL) merupakan salah framework yang menarik dari akademi tersebut.

Melalaui CBL, peserta diajak membentuk pola pikir bahwa hardskill dan profesional menjadi seorang enterpreneur digital teknologi adalah kesadaran untuk terus belajar hal baru.

"Mereka dibentuk untuk terus belajar hal baru secara mandiri, supaya mereka bisa menemukan sesuatu yang baru juga," imbuh Bayu.

Rektor Universitas Ciputra, Yohanes Somawiharja, menyebut Universitas Ciputra dan Apple Developer Academy memiliki kemiripan metode belajar.

Oleh sebab itu, ia berharap keduanya dapat beresonansi.

"Tiga hal yang sama-sama kami rasa perlu, sensitivitas kebutuhan, skill, dan solusi. Melalui skill, bagaimana secara kreatif bisa jadi solusi," tukas Yohanes.

Lanjut Yohanes, mengutip kalimat Ir Ciputra, solusi itu juga harus menjadi solusi yang digandrungi.

"Bukan solusi yang sekadar ada," pungkasnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

Penulis: Hefty's Suud
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved