Berita Surabaya

Ungkap Pesan Terakhir Mbah Moen, Khofifah: Beliau Guru Banyak Ulama Dunia

Mbah Moen secara khusus meminta anak anak dan mantunya merekam apa yang disampaikan pada Khofifah.

Ungkap Pesan Terakhir Mbah Moen, Khofifah: Beliau Guru Banyak Ulama Dunia
surya.co.id/istimewa
Khofifah saat bersama dengan KH Maimoen Zubair di pernikahan putrinya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wafatnya ulama kharismatik KH Syaikhona Maimoen Zubair atau yang akrab dikenal dengan sebutan Mbah Moen meninggalkan duka mendalam bagi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sebagai sosok yang banyak mengaji pada ulama, Khofifah mengaku acap kali berdiskusi dengan sosok Mbah Moen yang wafat di usia 90 tahun di tengah ibadah haji di Makkah, Selasa (6/8/2019).

Pada SURYA.co.id, Khofifah mengatakan bahwa sosok Mbah Moen adalah ulama Indonesi yang memiliki pemikiran luar biasa.

Tak hanya soal keagamaan, tapi juga politik, kemanusiaan hingga permasalahan dunia.

"Saya ingin sampikan bela sungkawa yang mendalam atas wafatnya Mbah Maimoen Zubair. Beliau guru besar, syekh besar yang dimiliki negera ini. Beliau menjadi guru bagi banyak ulama dunia," kata Khofifah.

Gubernur yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini menyebut, pertemuan terakhirnya dengan Mbah Moen adalah saat beliau hadir dan memberikan doa akad nikah bagi pernikahan putri pertamanya, Patimasang dengan Fadil Wirawan.

Bagi Khofifah, sosok Mbah Moen adalah seorang model ulama yang patut diakui kearifannya, juga wawasannya yang luar biasa.

Diskusi substantif selalu tercipta jika berbincang dengan Mbah Moen.

"Beliau wawasannya luar biasa. Kalau teman-teman pernah diskusi dengan beliau, beliau sangat berwawasan saat berdiskusi mulai soal konstelasi ekonomi, konstelasi politik, konstelasi umat Islam bahkan tingkat dunia beliau selalu update," urainya.

Selain itu yang tak terlupakan bagi Khofifah dalam mengenang almarhum Mbah Moen adalah pesan terakhir yang disampaikan pada Khofifah saat ia sowan pasca dilantik sebagai Gubernur Jawa Timur.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved