Berita Surabaya

Lingkungan dan Pola Asuh yang Baik Hindarkan Remaja dari Depresi  

Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan dewasa. Pada fase ini, seorang anak akan mengalami kematangan seksual.

Lingkungan dan Pola Asuh yang Baik Hindarkan Remaja dari Depresi  
SURYAOnline/christine ayu nurchayanti
 Psikiater anak dan remaja RSUD Dr Soetomo, Dr dr Yunias Setiawati SpKj. 

Surya.co.id | SURABAYA - Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan dewasa. Pada fase ini, seorang anak akan mengalami kematangan seksual.

"Mereka tidak lagi dikatakan anak-anak, tapi juga belum bisa dikatakan dewasa. Pada masa ini, mereka akan merasa sudah besar dan bisa mengambil sikap," ungkap psikiater anak dan remaja RSUD Dr Soetomo, Dr dr Yunias Setiawati SpKj.

Pada masa ini, lingkungan dan pola asuh menjadi hal penting. Sebab, apabila keduanya tidak mendukung, maka akan memicu terjadinya gangguan mental, termasuk depresi.

"Depresi merupakan gangguan suasana perasaaan. Gejalanya dibagi dua yaitu gejala mayor dan minor," tutur Yunias.

Gejala mayor, Yunias menyebutkan, seperti perasaan sedih, tidak ada semangat dalam mengerjakan apa pun, hingga mudah lelah.

"Sementara gejala minornya seperti sulit berkonsentrasi, gangguan tidur, gangguan makan, penurunan berat badan, penurunan minat belajar, hingga ada ide-ide untuk bunuh diri," lanjutnya.

Gangguan jiwa, termasuk depresi, dapat terjadi karena tiga hal, yaitu genetik, lingkungan, dan pola asuh.

"Remaja cenderung mulai memisahkan diri dari orang tua. Oleh karena itu, lingkungan yang baik penting bagi pertumbuhan anak," tutur Yunias.

Lingkungan yang baik, seperti lingkaran pertemanan yang positif dan kegiatan sekolah yang bermanfaat akan menghindarkan anak dari depresi.

"Misalnya, di sekolah diadakan ekstrakurikuler atau kegiatan-kegiatan yang lainnnya. Kalau pembagian kelompok, juga sebaiknya dipilih langsung oleh guru agar adil dan merata," Yunas mengatakan.

Halaman
123
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved