Dindik Jatim Kuatkan SMK Pariwisata di Bangkalan

Dinas Pendidikan Jatim kembali menguatkan vokasional di Bangkalan yang akan dikembangkan sebagai wisata halal oleh Gubernur Khofifah.

Dindik Jatim Kuatkan SMK Pariwisata di Bangkalan
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Hudiyono. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim kembali menguatkan vokasional di Jawa Timur, khususnya di Bangkalan yang akan dikembangkan sebagai wisata halal oleh Gubernur.

Penguatan ini akan mengoptimalkan peran SMK Pariwisata.

Plt Kepala Dindik Jatim, Hudiyono mengaku jurusan Pariwisata di Bangkalan memang memiliki peminat yang sedikit.

Namun, dengan pengembangan sektor pariwisata di Bangkalan akan menjadi peluang bagi lulusan SMK Pariwisata.

"Penguatan SMK akan membantu masyarakat untuk mampu memanfaatkan potensi dan peluang di daerahnya dengan keterampilan yang dimiliki. Seperti halnya produk UMKM yang sudah ada, akan dikembangkan dengan kerjasama SMK bersama pemerintah Bangkalan,"urainya, Selasa (6/7/2019).

”Diharapkan ini akan memberikan kemudahan terhadap sekolah-sekolah di Madura untuk beradaptasi terkait kebutuhan lokal,”ujarnya.

Terkait hal itu, Hudiyono menuturkan jika pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Kacabdin dan Kepala SMK untuk membahas terkait penyesuaian kurikulum dengan industri.

Selain itu, pihaknya juga akan mendatangkan silver expert dari mancanegara untuk pendampingan teknologi baru yang mampu menyongsong pembangunan di Bangkalan.

”Terakhir, kami juga memperkuat guru-guru di SMK Bangkalan. Diharapkan salah satu SMK yang mempunyai keselerasan keahlian dengan program wisata halal bisa jadi sekolah pengampu bagi sekitarnya,”jelasnya.

Dikatakannya, di Bangkalan saat ini hanya ada dua SMK dengan jurusan pariwisata. Tetapi pihaknya akan memperkuat pendidikan vokasi baik dari sumber daya alam (SDM) maupun sarana prasarananya yang ada di dua sekolah tersebut.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved