Tahapan Pilwali Surabaya 2020 yang Berlangsung Setahun

KPU Surabaya bersiap memulai tahapan Pemilihan Walikota Surabaya 2020. Rencananya, tahapan akan dimulai pada September 2019 mendatang.

Tahapan Pilwali Surabaya 2020 yang Berlangsung Setahun
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
ilustrasi proses Rekapitulasi Suara pada pemilu 2019. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya bersiap memulai tahapan Pemilihan Walikota Surabaya 2020. Rencananya, tahapan akan dimulai pada September 2019 mendatang.

Berdasarkan penjelasan Komisioner KPU Surabaya, Subairi, tahapan terdekat adalah perencanaan program dan anggaran.

"Kemudian, akan dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)," kata Subairi kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (4/8/2019).

Selain penyusunan anggaran, KPU Surabaya dalam waktu dekat juga akan menyusun produk-produk hukum. Serta, pembentukan panitia pemungutan suara.

Mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemilihan Suara (PPS), hingga Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP.

Selesai dengan pembentukan panitia, KPU akan melakukan pemuktahiran data pemilih dan daftar pemilih.

"Untuk tanggalnya, masih menunggu resmi dari Peraturan KPU (PKPU)," jelasnya.

Sebelumnya, pada pertemuan KPU dengan Komisi II DPR RI awal Juli lalu, pihak penyelenggara telah bersepakat bahwa pelaksanaan pilkada serentak akan berlangsung 23 September 2020 mendatang.

Apabila mempertimbangkan tahapan di beberapa gelaran pilkada sebelumnya, persiapan pemilu biasanya dilakukan setahun sebelum pemungutan suara.

Untuk kegiatan selama setahun, KPU Surabaya mulai menyusun anggaran untuk Pemilihan Walikota Surabaya 2020 mendatang. KPU mengusulkan anggaran sebesar Rp85,2 miliar kepada pemerintah Kota Surabaya.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved