Single Focus

Kopi Banyak Manfaat jika Disajikan Benar

“Selain itu kami ingin mengedukasi bahwa kopi memiliki banyak manfaat apabila disajikan dengan benar, seperti pengaturan gula,” ungkap Rachmat.

Kopi Banyak Manfaat jika Disajikan Benar
pixabay
Ilustrasi kopi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menjawab kebutuhan mahasiswa, dosen, dan para karyawan, Start with Coffee didirikan Agustus 2018. Kedai kopi ini berlokasi di area Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kampus B Universitas Airlangga.

Rachmat Mahendra, Owner Start with Coffee menuturkan bahwa Start with Coffee manawarkan beragam minuman kopi dengan harga yang terjangkau.

“Selain itu kami ingin mengedukasi bahwa kopi memiliki banyak manfaat apabila disajikan dengan benar, seperti pengaturan gula,” ungkap Rachmat.

Didirikannya kedai ini tak lepas dari pengalaman Rachmat yang pernah mengenyam pendidikan S1 dan dokter spesialis di FK Unair.

“Dulu saya kesulitan kalau ingin ngopi. Akhirnya ketika lulus saya memutuskan untuk membuat kopi yang bisa menjawab kebutuhan, baik mahasiswa, dosen, dan para pekerja baik yang bekerja di dalam maupun di luar kampus,” ungkap Rachmat.

Dibuka sejak 08.00 hingga 20.00 setiap Senin hingga Sabtu, kedai ini kerap ramai didatangi pengunjung.

“Sesuai dengan namanya, kedai ini mengajak untuk mengawali sesuatu dengan segelas kopi. Mahasiswa yang sedang nunggu jam kuliah juga bisa nongkrong di sini sambil mengerjakan tugas. Begitu pula, para dosen juga ke sini,” katanya.

Atau, lanjut Rachmat, apabila terburu-buru bisa membawa kopi pesanan dalam kemasan yang siap dibawa.
Setiap hari, Start with Coffee menghabiskan 150 hingga 200 cup. Mengenai range harga, mulai Rp 15.000 hingga Rp 60.000.

“Harga Rp 60.000 merupakan kopi yang sangat spesial yaitu Gesha dari Panama. Ini merupakan varian kopi yang langka, ditanam di ketinggian dan satu pohon kopi hanya mengambil beberapa biji kopi yang nutrisinya paling tinggi,” papar Rachmat.

Tak ikuti tren

Beragam menu mulai yang espresso based, seperti double espresso, picollo, latte dan mocha latte, atau yang manual brew mulai yang lokal, impor, geisha, hingga guest bean disajikan di Start with Coffee. Selain itu, juga ada beragam menu milk based non coffee, signature drink, tea, dan aneka snack.

“Menu favorit di sini, es kopi susu ekonomi. Biasanya yang suka kopi tapi ingin rasanya sedikit manis bisa memasan menu ini,” terang Rachmat.

Dalam menjalankan bisnis kedai kopinya, Rachmat mengatakan, tidak begitu mengikuti tren yang ada di pasaran.

“Saya berusaha mengangkat menu-menu yang klasik. Kami ingin mengutamakan (sajian) yang basic,” tuturnya. 

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved