Berita Madiun

Serangkaian Gempa Terjadi di Wilayah Madiun Tadi Pagi, 2,7 SR

BMKG DI Yogyakarta, serangkaian guncangan gempa terjadi di wilayah Kota Madiun dan Kabupaten Madiun.

Serangkaian Gempa Terjadi di Wilayah Madiun Tadi Pagi, 2,7 SR
ist/twitter @Sutopo_PN
Gambaran sebaran potensi gempa bumi di Indonesia yang dibagikan oleh akun Twitter @Sutopo_PN. Di peta ini terlihat pulau Kalimantan paling kecil potensinya. 

SURYA.co.id|MADIUN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta melalui akun @bmkgjogja menginformasikan bahwa telah terjadi gempa beberapa kali pada Sabtu (3/8/2019). Setidaknya ada sepuluh kali guncangan yang terjadi dalam tempo waktu sekitar 1,5 jam.

Informasi yang dikutip dari BMKG DI Yogyakarta, serangkaian guncangan gempa terjadi di wilayah Kota Madiun dan Kabupaten Madiun.

Gempa pertama terjadi pada Sabtu pukul 05.56 WIB dengan kekuatan 2,7 skala richter. BMKG menjelaskan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,68 derajat Lintang Selatan dan 111,60 derajat Bujur Timur.

Guncangan itu kemudian terjadi lagi pada pukul 05.58 WIB dengan kekuatan 3,0 SR. Delapan menit kemudian atau pukul 06.06 WIB, gempa terjadi lagi dengan kekuatan 2,8 SR.

Tujuh menit berikutnya guncangan gempa terjadi dengan kekuatan 2,8 SR dan 14 menit berikutnya gempa mengguncang lagi wilayah Madiun dengan kekuatan 2,7 SR.

Gempa bumi di wilayah Madiun itu ternyata tidak dirasakan masyarakat Madiun. Gempa yang ditimbulkan tidak kuat sehingga tidak terasa.

Seorang warga Jalan Serayu Timur, Arief Hidayat mengaku tidak merasakan gempa. "Tidak terasa. Saya juga tidak tahu kalau pagi tadi Madiun diguncang gempa," katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Madiun, Supriyanto, mengaku juga tidak merasakan gempa di wilayah Kabupaten Madiun.

Dirinya juga belum mendapatkan informasi atau laporan terkait adanya gempa di Kabupaten Madiun.

"Sementara ini kok saya belum dapat informasi. Saya juga tidak merasakan adanya gempa tadi pagi.Coba saya konfirmasikan ke wilayah" jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved