Berita Mojokerto

BPBD Mojokerto Tutup Jalur Pendakian Gunung Pudak Pasca Kebakaran

menutup jalur pendakian, pihak BPBD juga menyiapkan spanduk peringatan serta peta rawan bencana di titik kawasan pendakian dan wisata Gunung Pudak

BPBD Mojokerto Tutup Jalur Pendakian Gunung Pudak Pasca Kebakaran
SURYA.co.id/Febrianto Ramadani
Petugas menutup kawasan Gunung Pundak akibat kebakaran 

SURYA.co.id | Mojokerto - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Ahmad Zaini menghimbau masyarakat, terutama para pendaki gunung untuk  tidak menyalakan api unggun di kawasan pegunungan.

"Kami menghimbau kepada masyarakat, terutama yang sedang melakukan pendakian, agar tidak menyalakan api unggun atau kegiatan pembakaran di kawasan pegunungan karena saat ini sedang dilanda musim kemarau," himbau Zaini, Jumat (2/8/2019).

Jika menyalakan api unggun untuk menghangatkan tubuh, lanjut Zaini, pastikan api unggun ketika selesai digunakan dalam kondisi mati total.

"Selain itu, jangan membuang puntung rokok sembarangan. Agar tidak muncul titik api di kawasan pegunungan," imbuhnya.

Pasca kebakaran yang terjadi di Gunung Pundak, desa Ketapanrame, kecamatan Trawas, kabupaten Mojokerto, Senin lalu (29/7/2019), BPBD menutup jalur pendakian di gunung tersebut sampai waktu yang belum ditentukan.

"Lokasi pendakian kami tutup sementara untuk mengantisipasi titik titik api lainnya yang muncul di kawasan gunung Pundak," ucapnya.

Masih kata Zaini, selain menutup jalur pendakian, pihak BPBD juga menyiapkan spanduk peringatan serta peta rawan bencana di titik kawasan pendakian dan wisata. Serta menyiapkan tenaga pemadam kebakaran yang disiagakan di kawasan hutan.

"Bencana yang terjadi di musim kemarau saat ini. Seperti kebakaran disebabkan karena aktivitas maupun tangan tangan jahil dari manusia sendiri. Bukan karena pengelolaan dari penanganan bencana," ungkap Zaini 

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved