PT PAL Bangun Kapal Perang KCR 5 & 6 untuk TNI AL, Berikut Daftar Kehebatan Selain Cepat dan Handal

TNI AL kembali memesan dua kapal perang jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 kepada PT PAL Indonesia (Persero), ini daftar kehebatannya

surya/ahmad zaimul haq
KAPAL CEPAT RUDAL - Kapal Cepat Rudal (KRC) 60 Batch 2 saat diluncurkan di Fasilitas Shiplift Divisi Kapal Perang PT PAL Indonesia, Ujung, Surabaya, Selasa (27/2/2018). 

SURYA.co.id - TNI AL kembali memesan dua kapal perang jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 kepada PT PAL Indonesia (Persero)

Kehebatan kapal perang KCR 5 dan 6 pesanan TNI AL ini menjadi sorotan lantaran diklaim oleh PT PAL bakal menggunakan komponen-komponen produk dalam negeri

Dilansir dari Kompas dalam artikel 'PT PAL Bangun 2 Kapal Perang Pesanan TNI AL Senilai Rp 1,6 Triliun', menurut rencana, dua kapal tersebut bakal rampung pada Mei 2022 mendatang.

KCR 5 dan 6 yang dibangun dengan nilai investasi Rp 1,6 triliun itu, bakal dilengkapi dengan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan pendahulunya, KCR 1 hingga KCR 4.

"Jadi kita improve stabilitasnya supaya lebih handal dibanding kapal-kapal sebelumnya. Apa yang sudah kita perbaiki di batch dua kita lanjutkan lagi," kata ujar Budiman dalam acara first steel cutting di PT PAL Indonesia, Surabaya, Jumat (2/8/2019).

Menurut Budiman, apabila KCR 1,2 dan 3 hanya memesan platform saja.

Sementara itu, sewaco atau persenjataannya baru dilakukan setelah pembangunan kapal selesai.

Direktur PT PAL (Persero) Budiman Saleh dalam acara first steel cutting di PT PAL Indonesia, Surabaya, Jumat (2/8/2019).
Direktur PT PAL (Persero) Budiman Saleh dalam acara first steel cutting di PT PAL Indonesia, Surabaya, Jumat (2/8/2019). (KOMPAS.com/GHINAN SALMAN)

Namun, untuk KCR 5 dan 6 ini, kata dia, dipesan secara utuh dengan platform beserta sewaco.

"Kita selalu improve tiap batch ini untuk menjadi kapal handal dalam pertempuran. Jadi kelebihan ini (KCR 5 dan 6) itu stabilitasnya makin baik," ujar dia.

Di samping itu, platform dan sewaco itu sekaligus pengadaan pertama kalinya dari Kementerian Pertahanan.

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved