Berita Gresik

Bakal Calon Kades Minta Hasil Pilkades Sembayat Manyar Dibatalkan, Saudji Ajukan Gugatan ke PTUN

Bakal calon Kepala Desa Sembayat Kecamatan Manyar Gresik Saudji mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan Mahkamah Agung (MA).

Bakal Calon Kades Minta Hasil Pilkades Sembayat Manyar Dibatalkan, Saudji Ajukan Gugatan ke PTUN
SURYAOnline/Sugiyono
KOORDINASI - Calon kades Sembayat, Kecamatan Manyar, Saudji (kanan, kaos biru) koordinasi dengan advokat terkait pemberhentian dirinya menjadi calon kades, Selasa (23/7/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Bakal calon Kepala Desa Sembayat Kecamatan Manyar Gresik Saudji mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan Mahkamah Agung (MA) terkait hasil Pilkades di desa setempat.

Gugatan ini dipicu hak politiknya sebagai calon kades dicoret akibat Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Gresik .

Saudji mengaku yakin bahwa persyaratan menjadi calon kepala desa (Kades) tidak harus menghapus hak politik masyarakat. Sebab hal dasar masyarakat yaitu hak memilih dan dipilih sesuai hak dasar masyarakat yang diatur dalam hak asasi manusia (HAM).

Dalam pencoretan dari daftar calon Kades Sembayat, Saudji dicekal melalui persyaratan Pilkades yang melarang mantan koruptor menjadi calon Kades.

"Kemarin sudah saya laporkan gugatan ke PTUN dan MA untuk peninjauan kembali Perbub Nomor 12 Tahun 2015 tentang pedoman pencalonan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa Juncto Perda nomor 8 tahun 2018," kata Saudji.

Dari pemberhentian sepihak oleh panitia Pilkades Desa Sembayat itu, Saudji meminta hasil Pilakdes pada Rabu (31/2019) untuk dibatalkan.

"Ya seharusnya dibatalkan, sebab peraturannya masih kita minta untuk peninjauan kembali. Sehingga, saya bisa kembali mempunyai hak pilih dan memilih," katanya.

Saudji mendaftar sebagai calon Kades Sembayat Kecamatan Manyar. Kemudian oleh panitia tidak diloloskan secara administrasi, sebab pernah dihukum atas kasus korupsi.

Sedangkan Desa Sembayat telah melangsungkan Pilkades pada 31 Juli 2019 dan telah menghasilkan kades terpilih.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved