Berita Tuban

KPU Sebut Seluruh Anggota DPRD Terpilih 2019 Sudah Laporkan Kekayaan ke KPK

KPU Tuban menyebut semua calon anggota DPRD terpilih sudah melaporkan harta kekayaannya ke KPK.

KPU Sebut Seluruh Anggota DPRD Terpilih 2019 Sudah Laporkan Kekayaan ke KPK
surya/m sudarsono
Rapat Pleno KPU Tuban menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Tuban hasil Pileg 2019, Senin (22/7/2019). 

SURYA.co.id | TUBAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban menyebut semua calon anggota DPRD terpilih sudah melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua KPU Tuban, Fatkul Ikhsan, mengatakan pelaporan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dalam hal ini calon anggota DPRD terpilih sudah dilakukan sekitar seminggu lalu, tepatnya Jumat (26/7). Dengan demikian, seminggu pasca penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD dalam pemilu 2019, para wakil rakyat telah tuntas melaporkan ke LHKPN ke KPK.

"Sudah melaporkan ke KPK, sebelum satu minggu setelah ditetapkan sudah melapor semua dari 50 calon anggota terpilih," kata Fatkul ditemui di kantornya, Kamis (1/8/2019).

Fatkul menambahkan, dirinya juga telah mendapat tanda terima pelaporan LHKPN dari masing-masing calon anggota DPRD terpilih.

Tanda terima itu resmi dari balasan KPK, namun saat disinggung berapa jumlah masing-masing harta kekayaan calon wakil rakyat terpilih, Fatkul tidak mengetahui.

Menurutnya yang berkewenangan mengumumkan harta kekayaan pejabat yaitu KPK.

"Kalau kami berapa kekayaan masing-masing calon anggota DPRD terpilih tidak tahu, itu kewenangan KPK ya," Pungkasnya.

Sekadar diketahui, untuk hasil perolehan Pemilu 2019, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh 16 kursi, Partai Golongan Karya (Golkar) memperoleh 9 kursi, Partai Demokasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat masing-masing memperoleh 5 kursi, Partai Amanan Nasional (PAN) memperoleh 3 kursi.

Kemudian Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masing-masing 2 kursi, sedangkan tiga partai lainya, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Bulan Bintang (PBB) masing-masing memperoleh satu kursi.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved