Dishub Surabaya Pasang QR Code Penunjuk Lokasi Armada Suroboyo Bus di 48 Titik

Dishub Surabaya memasang QR Code di 48 halte maupun bus stop di seluruh Surabaya. Dengan begini, calon penumpang tak perlu kuatir ketinggalan bus

Dishub Surabaya Pasang QR Code Penunjuk Lokasi Armada Suroboyo Bus di 48 Titik
surabaya.tribunnews.com/sugiharto
Seorang calon penumpang memindai QR code Suroboyo Bus yang ditempel di halte bis Basuki Rahmat Surabaya, Kamis (1/9/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Para pelanggan setia Suroboyo Bus kini tak perlu lagi takut ketinggalan bus karena adanya fitur QR Code terbaru dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya.

Menurut Kepala Kepala Seksi Angkutan Dishub Surabaya, Frankie Yuanus, tak jarang pengguna takut kepanasan maupun memiliki hal lain yang harus dilakukan sehingga perlu meninggalkan sejenak halte atau bus stop.

"Orang menunggu itu kadang kepanasan, jadi cari tempat dulu untuk berteduh. Kemudian bus lewat tapi dia tidak tahu, akhirnya kelewatan. Kan bus berhentinya hanya hitungan detik," tutur Frankie, Kamis (1/8/2019).

Untuk mengantisipasi ini, Dishub memasang QR Code di 48 halte maupun bus stop di seluruh Surabaya.

Kepala Dishub, Irvan Wahyudrajad, menyebut QR Code berwarna merah tersebut memilki tulisan 'Scan Me To Pick You Up', yang bisa dipindai di aplikasi GOBIS dan akan menunjukkan lokasi bus yang sedang ditunggu.

"Setelah dipindai, akan muncul Suroboyo Bus yang terdekat dengan halte atau bus stop, lalu pilih salah satu Suroboyo Bus dengan koridor yang dipilih, dan jawab 'ya' untuk pertanyaan 'apakah Anda yakin akan naik (nama Suroboyo Bus)'. Kru Suroboyo Bus maupun SIUTS akan mendapatkan notifikasi lokasi halte penumpang yang sedang menunggu," jelasnya.

Dengan adanya fitur baru ini, pengguna tak perlu takut ketinggalan bus ketika berada jauh dari halte maupun bus stop, karena lokasi bus bisa dipantau lewat GOBIS.

Bila bus masih jauh, pengguna bisa melaksanakan keperluannya dulu.

"Jadi di GOBIS bisa lihat di peta, busnya posisinya sampai mana. Kalaupun sudah kelewatan, bisa lihat bus selanjutnya yang mendekati halte atau bus stop tempat pengguna berada. Jadi pengguna juga misalnya mau memilih naik bus tingkat saja daripada Suroboyo Bus, bisa tahu posisi bus lewat peta," paparnya.

Tak hanya itu, QR Code ini juga memudahkan kru bus untuk terhubung dengan pengguna.

Bila pengguna sudah memindai QR Code di GOBIS, kru akan tahu ada berapa jumlah pengguna yang tengah menunggu di halte maupun bus stop.

Sehingga, bila ada pengguna yang belum naik, kru bisa menunggu.

"Minimal kru tahu kalau di halte atau bus stop ini ada penumpang. Kalau ternyata ada tapi tidak segera naik bus, ya kami juga harus meneruskan perjalanan. Jadi kami menunggu tapi hanya hitungan detik," pungkasnya. 

Penulis: Delya Octovie
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved