Lapor Cak

Bentor Tak Miliki Kelaikan Kendaraan Bermotor

“Ancaman pidana tidak hanya untuk pengguna bentor, tetapi juga pembuatnya. Bentor memang tidak untuk di jalan raya. Ini kan sudah dimodifikasi."

Bentor Tak Miliki Kelaikan Kendaraan Bermotor
SURYAOnline/delya octovie
RAZIA BENTOR - Petugas gabungan Dishub, Satpol PP, Linmas dan Polisi saat melakukan razia becak motor (bentor) di kawasan PGS, Rabu (31/7/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub), Irvan Wahyudrajad, pemilik bentor seharusnya sudah tahu peraturan larangan bentor. Karena bentor sudah ditetapkan sebagai kendaraan yang tidak memiliki kelaikan kendaraan bermotor. Itu melanggar pasal 47 ayat 2 UU no. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Ancaman pidana tidak hanya untuk pengguna bentor, tetapi juga pembuatnya. Bentor memang tidak untuk di jalan raya. Ini kan sudah dimodifikasi antara becak dan motor. Itu berbahaya bagi pengguna, penumpang dan pengendara lain. Kalau secara Undang undang memang tidak memenuhi syarat. Di jalan umum tidak boleh. Kalau di perkampungan, masih kami toleransi," jelasnya.

Untuk bentor yang disita, yang memiliki surat kendaraan akan dikembalikan pada pemiliknya. Namun dengan syarat membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi mengendarai bentor di jalan umum, tapi kalau melanggar akan dipotong. “Kalau bentor yang tidak ada suratnya diproses sama kepolisian. Kalau yang tidak ada STNKnya jelas kami sita. Jadi itu termasuk kendaraan bodong," katanya.

Penulis: Delya Octovie
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved