Mengenal Koopsus, Pasukan Elit TNI Bertugas Perangi Terorisme di Indonesia, Berikut Keunggulannya

Mengenal Koopsus, Pasukan Elit TNI untuk Perangi Terorisme di Indonesia, Berikut Keunggulannya

Mengenal Koopsus, Pasukan Elit TNI Bertugas Perangi Terorisme di Indonesia, Berikut Keunggulannya
Kompas.com/Ardito Ramadhan D
Mengenal Koopsus, Pasukan Elit TNI untuk Perangi Terorisme di Indonesia, Berikut Keunggulannya 

SURYA.co.id - Tentara Nasional Indonesia ( TNI) secara resmi mengenalkan pasukan elit baru Komando Operasi Khusus (Koopsus), Selasa (30/7/2019) dalam upacara yang dilaksanakan di Markas Besar TNI.

Upacara peresmian Koopsus dipimpin oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Koopsus tergabung dari prajurit TNI yang sebelumnya berasal dari satuan elite di tiap matra Angkatan, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

TNI Kuasai Markas KKB Papua & Sita Ratusan Amunisi Bikin Egianus Kogoya Geram, Ngaku Siap Membalas

VIRAL di Grup Whatsapp (WA) Pendaftaran Perwira TNI untuk Sarjana Agama Islam Ternyata Hoax

Pertempuran Sengit 30 Prajurit TNI AD di Timor Timur, Tak Seimbang hingga Cuma 9 Orang yang Selamat

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan salam komando bersama Komandan Komando Operasi Khusus TNI Brigjen TNI Rochadi selepas peresmian Koopssus TNI di Mabes TNI, Selasa (30/7/2019).
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan salam komando bersama Komandan Komando Operasi Khusus TNI Brigjen TNI Rochadi selepas peresmian Koopssus TNI di Mabes TNI, Selasa (30/7/2019). (Kompas.com/Ardito Ramadhan D.)

Hadi menuturkan, personel Koopsus mempunyai kualifikasi untuk melakukan berbagai operasi khusus baik di dalam maupun luar negeri yang menuntut kecepatan dan keberhasilan tinggi.

"Sebagai satuan elite, personil Koopsus TNI yang berasal dari pasukan khusus dari ketiga matra merupakan prajurit-prajurit pilihan," ujar Hadi.

Satuan tersebut dikomando oleh Brigjen TNI Rochadi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur A Badan Intelijen Strategis TNI.

Upacara peresmian tersebut dilanjutkan dengan pengambilan sumpah terhadap Rochadi sebagai Komandan Koopsus TNI dan penandatanganan pakta integritas.

Selain itu, upacara peresmian Koopsus TNI juga diwarnai oleh aksi terjun payung oleh para prajurit TNI.

Sejumlah pejabat tampak menghadiri upacara peresmian Koopssus TNI antara lain Ketua DPR Bambang Soesatyo, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, serta Kabarhakam Polri Komjen Condro Kirono yang mewakili Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Komando Operasi Khusus (Koopsus) TNI yang baru diresmikan dibentuk untuk memberantas aksi terorisme di dalam maupun luar negeri.

Halaman
123
Penulis: Akira Tandika Paramitaningtyas
Editor: Iksan Fauzi
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved