Berita Surabaya

Kantor Imigrasi Ajak Pekerja Asing Tertib Imigrasi, Barlian: Mereka harus Miliki Visa Kerja

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya mengajak semua perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing untuk tertib imigrasi.

Kantor Imigrasi Ajak Pekerja Asing Tertib Imigrasi, Barlian: Mereka harus Miliki Visa Kerja
surya/nuraini faiq
Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas 1 Khusus Surabaya Barlian. 

SURYA.co.id | SURABAYA- Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya mengajak semua perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing untuk tertib imigrasi. Para pekerja impor itu harus melengkapi dokumen keimigrasian.

 "Mereka harus mengantongi visa kerja. Bukan visa wisata untuk bekerja di sini. Tugas kami menertibkan mereka," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Barlian, Selasa (30/7/2019).

 Saat ini masih banyak perusahan dan pabrik yang mempekerjakan tenaga asing. Adalah tanggung jawab perusahaan untuk memastikan bahwa pekerja asing yang bekerja di tempatnya tidak melanggar dokumen keimigrasian.

Baik dokumen visa maupun izin tinggal  sementara semua harus dipenuhi. "Orang perusahaan lokal yang harus bertanggung jawab jika ada pekerja asing tanpa melalui prosedur keimigrasian," kata Barlian.

Beberapa waktu lalu Kantor Imigrasi Surabaya menyisir PT Tjiwi Kimia. Mereka melakukan sosialisasi dan menyebar informasi terkait keimigrasian. Dilakukan diseminasi peraturan keimigrasian pada penggunaan tenaga asing.

Hadir dalam sosialisasi itu Gijan Ongkoredjo, Direktur dan Senior Manager Public Relation PT Tjiwi Kimia. Pertemuan itu membahas dokumen keimigrasian khususnya izin tinggal.

"Perusahan harus menyiapkan diri dengan dokumen keimigrasian jika mendatangkan tenaga asing," kata Barlian.

Kakanim ini menegaskan bahwa tidak ada yang mempersulit proses perizinan dalam investasi,  termasuk mindset pada birokrasi harus diubah sehingga tidak ada proses yang berbelit-belit.

Nanang Mustofa, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya mendesak agar semua menaati aturan.

"Kami sengaja hadirkan pekerja asing. Seberapa besar tingkat ketertiban imigrasi mereka," kata Nanang. 

Dalam sosialiasi itu diikuti oleh para karyawan karyawati PT Tjiwi Kimia dan diikuti juga oleh tenaga kerja asing yang aktif bekerja di Perusahaan tersebut. 

Nanang menekankan terkait Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 16 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemberian Visa dan Izin Tinggal Tenaga Asing.

Barlian berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait peraturan keimigrasian terutama terkait tenaga kerja asing.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved