Berita Surabaya

Ibu Kota Negara akan Pindah ke Pulau Kalimantan, Ini Kata Menteri Bambang Brodjonegoro

Namun secara spesifik, Bambang masih enggan menyampaikan di provinsi mana lokasi Ibu Kota Negara akan dipindahkan nanti.

Ibu Kota Negara akan Pindah ke Pulau Kalimantan, Ini Kata Menteri Bambang Brodjonegoro
tribun jatim/sofyan arif candra
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro usai menghadiri Sinkronisasi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Hotel Shangri-La Surabaya, Senin (29/7/2019). 

SURYA.co.id SURABAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui untuk memindahkan Ibu Kota Negara ke pulau Kalimantan.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro.

"Iya (disetujui perpindahan ibu kota negara)," ujar Bambang usai menghadiri Sinkronisasi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Hotel Shangri-La Surabaya, Senin (29/7/2019).

Namun secara spesifik, Bambang masih enggan menyampaikan di provinsi mana lokasi Ibu Kota Negara akan dipindahkan nanti.

“Nanti diumumkan. Pulaunya Kalimantan, provinsinya nanti (menyusul)," ucap Bambang.

Sebelumnya, dikutip dari laman resmi Bappenas.go.id, Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy S. Prawiradinata menjelaskan ibu kota sudah pasti akan dipindahkan ke Kalimantan.

Hal tersebut dijelaskan oleh Rudy, saat menghadiri acara di Novotel, Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

Diungkapkan oleh Rudy, pemindahan ibu kota sudah pasti akan dilakukan di Kalimantan.

“Pemindahan ibu kota sudah pasti akan di Kalimantan. Di mana pun ibu kota baru akan dibangun, dampaknya ke seluruh Kalimantan akan signifikan. Ini adalah seri Dialog Ibu Kota Negara untuk tiga lokasi di Kalimantan," ungkap Rudy.

Pada rapat terbatas yang digelar 29 April 2019 lalu, Bapennas menjelaskan presiden Joko Widodo memilih alternatif untuk memindahkan Ibu Kota ke luar Jawa.

Bapennas juga menjelaskan, alternatif ibu kota baru adalah Kalimantan Selatan.

Hal ini lantaran Kalimantan Selatan ada di posisi sentral yang bisa dijadikan Ibu Kota baru. (Sofyan Arif Candra)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved