Ekonomi Bisnis

Ekspor Nonmigas Indonesia di Semester I 2019 Mayoritas ke Jepang, Segini Nilainya

Jepang menjadi negara penerima ekspor nonmigas dari Indonesia terbesar selama kurun waktu semester pertama 2019

Ekspor Nonmigas Indonesia di Semester I 2019 Mayoritas ke Jepang, Segini Nilainya
surya/ahmad zaimul haq
Ilustrasi bongkar muat peti kemas di pelabuhan 

SURYA.co.id | SURABAYA - Jepang menjadi negara penerima ekspor nonmigas dari Indonesia terbesar selama kurun waktu semester pertama 2019. Ekspor nonmigas Indonesia ke Jepang mencapai 1.379,81 juta dolar Amerika Serikat selama periode Januari-Juni 2019.

Selain ke Jepang ekspor nonmigas Indonesia juga merambah pasar raksasa ekonomi Amerika Serikat dan Tiongkok, Kepala BPS Jatim Teguh Pramono menjelaskan, ekspor nonmigas ke Amerika Serikat menduduki posisi kedua setelah Jepang. Kemudian disusul Tiongkok di posisi ketiga.

"Ekspor nonmigas ke AS tahun 2019 ini mencapai 1.280,60 juta dolar Amerika Serikat, sedangkan ke Tiongkok 1.073,23 juta dolar Amerika Serikat," katanya saat ditemui TribunJatim.com (grup surya.co.id), Selasa (30/7/2019).

Teguh Pramono menambahkan, selain ke negara-negara besar tersebut, ekspor Indonesia ke negara ASEAN juga berperan dalam peningkatan indeks ekspor.

"Ekspor ke negara ASEAN ini cukup besar juga, mencapai 1.744,15 juta dolar Amerika Serikat. Kalau ekspor ke Uni Eropa hanya 828,06 juta dolar Amerika Serikat," kata dia.

Meski ekspor ke ASEAN memiliki andil besar, jika diambil rata-rata ekspor per negara, Teguh menyebut Jepang masih yang paling besar menerima ekspor.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved