6 Kilang Minyak Pertamina Hasilkan 1 Juta Barel Per Hari, Dijadikan BBM, Pelumas, dan Aspal

Pertamina memiliki enam kilang minyak di sejumlah daerah, yang digunakan memasak minyak mentah untuk distribusikan ke masyarakat.

6 Kilang Minyak Pertamina Hasilkan 1 Juta Barel Per Hari, Dijadikan BBM, Pelumas, dan Aspal
istimewa
Kondisi kilang minyak Pertamina RU VI Balongan Indramayu 

SURYA.co.id | TUBAN - Pertamina memiliki enam kilang minyak di sejumlah daerah, yang digunakan memasak minyak mentah untuk distribusikan ke masyarakat. Keenam kilang tersebut berada di Refinery Unit (RU) II Dumai Riau, RU III Plaju Palembang, RU IV Cilacap, RU V Balikpapan, RU VI Balongan Indramayu, dan RU VII Kasim di Sorong.

Manager Communication Relation & CSR Pertamina RU VI Balongan, Eko Kristiawan, mengatakan enam kilang minyak Pertamina tersebut memiliki kapasitas produksi berbeda-beda Barel Per Hari (BPH). 

Untuk RU II Dumai Riau kapasitas produksi yaitu 170 ribu BPH, RU III Plaju Palembang kapasitas produksi 133.7 ribu BPH, RU IV Cilacap kapasitas produksi 348 ribu BPH, RU V Balikpapan kapasitas produksi 260 ribu BPH, RU VI Balongan Indramayu kapasitas produksi 125 ribu BPH, sedangkan RU VII Kasim di Sorong kapasitas produksi 10 ribu BPH.

"Kalau total produksi minyak yang diolah dari total enam kilang yaitu 1.046.000 BPH," kata Eko saat memberikan materi media gathering di Gedung Patra Ayu, Perumahan Bumi Patra Indramayu, Senin (29/7/2019).

Dia menjelaskan, dari jumlah produksi sekian kilang minyak tersebut masih belum mencukupi produksi Bahan Bakar Minyak dalam negeri, yang mencapai 1,4 juta BPH.

Pertamina harus impor minyak mentah maupun yang sudah jadi dari luar, guna mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Dari 1 juta BPH yang diolah enam kilang yang jadi BBM yaitu 80 persen, sisanya bisa jadi pelumas maupun aspal. Jadi kita impor sekitar 600 ribu BPH untuk mencukupi 1,4 juta BPH tersebut," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved