Breaking News:

Berita Mojokerto

Digarap Warga Asli Mojokerto, Patung Mahapatih Gajah Mada Akan Menjadi yang Terbesar dan Tertinggi

Semua material dan pekerja yang menggarap patung Mahapatih Gajah Mada merupakan warga asli Mojokerto dan menggunakan dana pribadi

SURYA.co.id/Febrianto Ramadani
Penampakan patung Mahapatih Gajah Mada di Wisata Desa Bumi Mulyojati, patung tersebut akan menjadi terbesar dan tertinggi di Mojokerto, Senin (29/7/2019). 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Pembangunan patung Mahapatih Gajah Mada di Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, dengan tinggi 30 meter dan lebar 9 meter sudah mencapai bagian kepala patung.

Patung yang dibangun persis di depan Wisata Desa Bumi Mulyo Jati Mojopahit, akan menjadi patung terbesar dan tertinggi di kawasan Mojokerto.

Hingga hari ini, Senin (29/7/2019), pembangunan patung Mahapatih Gajah Mada telah merampungkan bagian kaki dan badan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Surya.co.id, semua material dan pekerja yang menggarap patung merupakan warga asli Mojokerto. Pengerjaan patung dilakukan secara manual.

Pemilik Wisata Desa Bumi Mulyojati, Mulyono, menjelaskan, bagian patung merupakan murni dibuat oleh pekerja, tanpa memesan kepada seniman patung dari daerah lain.

“Saya mendapat amanah melalui Forum Silaturahmi Seluruh Keraton se-Nusantara, untuk membangun arca Mahapatih Gajah Mada pada 2005. Namun, baru bisa terlaksana 2014 ke 2016 dan sekarang masih berlanjut,” ungkap Mulyono, Senin (29/7/2019).

Mulyono menambahkan, semua pekerja yang membangun patung tersebut, bukan seorang seniman. Melainkan seorang tukang las besi yang selama ini mengerjakan beberapa pekerjaan di Wisata Desa.

Selain itu, Mulyono mengaku menggunakan dana pribadi untuk pembangunan arca tersebut.

"Dulu ada pihak yang mau menyumbang, tapi dengan terpaksa kami tolak. Memang saya gunakan dana pribadi, masalah izin sudah satu paket sama izin wisata, di sini tidak ada target selesai kapan, dijalani saja pelan-pelan. Sejauh ini alhamdulillah tidak ada kendala,” tambahnya.

Mulyono berharap, pengerjaan patung tersebut sudah selesai pada tahun depan.

Patung tersebut akan menjadi ikon wisata dari Wisata Desa Bumi Mulyojati Mojopahit. Rencananya, akan dijadikan juga sebagai pusat wisata religi. 

Berikut Videonya:

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved