Berita Surabaya

Puluhan Dokter Mata Dalami Operasi Katarak Modern di Surabaya, Ini Tujuannya

Operasi katarak modern fakoelmusifikasi (Phacoemulsification) saat ini menjadi teknik operasi katarak yang banyak digunakan

Puluhan Dokter Mata Dalami Operasi Katarak Modern di Surabaya, Ini Tujuannya
sulvi soviana/surya
Para peserta pelatihan operasi katarak fakoelmusifikasi (Phacoemulsification) di Shangri-La Hotel Surabaya, Minggu (28/7/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Operasi katarak modern fakoelmusifikasi (Phacoemulsification) saat ini menjadi teknik operasi katarak yang banyak digunakan. Sayangnya sarana dokter untuk mempelajarinya cukup terbatas.

Pelatihan operasi dengan teknik phaco ini sangat diminati dokter mata yang belum sempat mendapat materi operasi ini saat kuliah. Khususnya para dokter yang selama ini praktek di kota-kota kecil. Direktur Utama Klinik Mata Utama, dr Uyik Unari SpM(K), mengungkapkan pelatihan teknik Pacho menjadi upaya dokter mata untuk menambah pengetahuan dan kemampuan sesuai teknologi yang berkembang.

Uyik menjelaskan teknik pacho ini memiliki proses yang lebih cepat, baik tindakan dan pemulihan pasien. Namun, fasilitas pembelajaran para dokter masih terbatas.

"Pasien akan merasa lebih nyaman dengan operasi ini. Karena tindakannya yang lebih cepat. kurang lebih 15 menit tanpa dijahit. Sebab, sayatan pada operasi ini lebih kecil, yakni kurang lebih 3 milimeter,"urainya.

Di pelatihan ini, 30 dokter mata dari berbagai kota di Indonesia memilih mengikutinya. Bahkan antrian pelatihan sudah mencapai tahun 2022.

"Saat ini, dokter spesialis mata di Indonesia, butuh waktu, tenaga dan biaya ekstra, untuk mendalami operasi dengan teknik phaco ini. Karena harus ke luar negeri, seperti India, Singapore hingga Australia,” urainya di sela pemberian pelatihan operasi fakoelmusifikasi (Phacoemulsification) di Shangri-La Hotel Surabaya, Minggu (28/7/2019).

Upaya menambah ilmu para dokter ini nantinya akan sangat bermanfaat karena sudah banyak rumah sakit yang bisa menyediakan alat phaco ini.

Sayangnya, dokter mata yang mampu mengaplikasikan teknik ini masih terbatas.

"Dalam pelatihan ini, setiap dokter didampingi perawat melakukan simulasi operasi dengan teknik Pacho menggunakan mata buatan. Pelatihan ini juga akan menambah kredit keilmuan para dokter kerena didukung Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Timur,"lanjutnya.

Dalam pelatihan ini, para dokter akan mempraktekkan teknik operasi pada artificial eye atau mata buatan.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved