Pilbup Jember

Plt Ketua PKB Jember sebut Petahana Bukan Representasi NU, Siapa Calon Bupati Jember 2020?

Kandidat bupati dan wakil bupati petahana, Faida dan Abdul Muqit Arief dinilai bukan representasi Nahdlatul Ulama (NU).

Plt Ketua PKB Jember sebut Petahana Bukan Representasi NU, Siapa Calon Bupati Jember 2020?
SURYA.co.id/Sri Wahyunik
Plt Ketua PKB Jember Syaiful Bahri Anshori 

SURYA.co.id | Jember - Kandidat bupati dan wakil bupati petahana, Faida dan Abdul Muqit Arief dinilai bukan representasi Nahdlatul Ulama (NU).

Pernyataan ini disampaikan oleh Plt Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jember yang juga anggota DPR RI Syaiful Bahri Anshori di sela-sela Konfercab NU Jember 2019, Minggu (28/7/2019).

Lelaki yang biasa dipanggil memakai akronim namanya SBA itu menjelaskan, dalam konteks Pilkada, Faida dan Muqit Arief bukan representasi NU.

"Karena tidak diusung PKB. Di Jember ini, partai yang merepresentasikan NU adalah PKB. Seperti diketahui, keduanya tidak diusung PKB," ujar SBA kepada Surya.

Saat maju di Pilkada Jember tahun 2015 lalu, PKB tidak mengusung pasangan bupati dan wakil bupati Jember tersebut.

Menjelang Pilkada 2020, SBA memang belum menyebut apakah PKB akan mengusung keduanya, atau salah satunya. Namun secara tegas, SBA telah menyebut jika keduanya bukan representasi NU.

"Kalau calon yang akan diusung PKB pasti kader NU. Kader NU yang akan maju untuk Pilkada Jember 2020. Siapa calonnya masih kami istikharahi. Pastinya mereka (petahana) bukan representasi NU," tegas SBA.

Selain tidak merepresentasikan NU, petahana dinilai SBA tidak memberikan kontribusi bagi NU Jember. "Tidak memberikan kontribusi kepada NU," tegasnya kembali.

Ketika disinggung perihal Muqit Arief yang secara kultural NU, SBA menjelaskan, Kiai Muqit secara kultural memang nahdliyin namun tidak secara partai.

Dia menambahkan PKB menargetkan kursi bupati Jember untuk Pilkada 2020 mendatang. Kader yang bakal diusung PKB, lanjutnya, merupakan kader NU tidak hanya semata dari PKB.

Dia menyebutkan tiga nama yang berpeluang diusung PKB antara lain Ayub Junaidi, Hafidi, juga Babun Suharto.

Ayub Junaidi merupakan Sekretaris DPC PKB Jember. Hafidi adalah Ketua Komisi D DPRD Jember. Sedangkan Babun Suharto merupakan Rektor IAIN Jember.

"Nanti kalau sudah waktunya, pasti kami akan beritahu kawan-kawan. Target kami adalah memperoleh bupati Jember.

Lumajang saja bisa, masak Jember tidak bisa," pungkas anggota Komisi I DPR RI tersebut.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved