Grahadi

Beranda Grahadi

Khofifah Siap Sinergi dengan GP Ansor Jadikan Jatim Gravitasi Islamic Finance Lewat IISC

Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan selamat atas terpilihnya Gus Syafiq Sauqi sebagai Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur

Khofifah Siap Sinergi dengan GP Ansor Jadikan Jatim Gravitasi Islamic Finance Lewat IISC
SURYA/Fatimatuz Zahro
Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di acara penutupan Konferwil XIV GP Ansor Jawa Timur di Ponpes Sabilul Rosyad Malang, Minggu (28/7/2019) malam 

SURYA.CO.ID | MALANG - Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan selamat atas terpilihnya Gus Syafiq Sauqi sebagai Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur usai Konferwil XIV GP Ansor Jawa Timur di Ponpes Sabilul Rosyad Malang, Minggu (28/7/2019) malam.

Khofifah yang datang sekaligus menutup konferwil itu berharap agar ke depan GP Ansor bisa mengawal dan bersinergi dalam menguatkan pendidikan vokasi serta menghalau adanya virus radikalisme di Jawa Timur.

"Jika GP Ansor ingin melakukan gerakan apakah itu menangkal radikalisme atau apakah terkait unskilled labour yang juga banyak darinkeluarga ansor dengan menguatkan pendidikan itu tepat," kata Khofifah.

Di luar itu, yang juga ingin disinergikan Khofifah dengan GP Ansor ke depan adalah dalam pengembangan Jawa Timur sebagai gravitasi keuangan Islam (Oslamic Finance) dunia.

Hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya Khofifah memiliki rencana membangun Indonesia Islamic Science Park di kaki Suramadu, di Kabupaten Bangkalan. Rencana ini bahkan sudah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo dan realiasasinya tinggal menunggu keluarnya Kepres.

"Saya menyampaikan Indonesia Islamic Science Park disini karena dari berbagai banom, lajna di NU yang secara spesifik memiliki satu nafas perogresifitas ya GP Ansor," katanya.

Wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini menyebut GP Ansor memiliki kekuatan luar biasa dalam menggerakkan pemuda-pemuda khususnya di Jawa Timur. Di dalam GP Ansor banyak terdapat tokoh yang bukan tidak mungkin memiliki kemampuan dalam pengembanngan keuangan Islam di Jawa Timur.

"Maka saya ingin mengajak Ansor menjadi bagian menjadi dalam menjadikan Jawa Timur gravitasi Islamic Finance dunia lewat Indonesia Islamic Science Park (IISC), karena sebetulnya Islamic Finance ini ada di dalam IISC," tegasnya.

Sementara itu Gus Syafiq dalam mengatakan pihaknya siap bersinergi dengan Pemprov Jawa Timur dalam menyukseskan program yang digalakkan Gubernur Khofifah lima tahun mendatang.

Dikatakannya Ansor adalah banom yang mereproduksi kader di NU. Ansor juga dikatakan Gus Syafiq menjadi tempat kaderisasi ulama NU. Selain itu dalam GP Ansor juga ada amal jariyah para pendirinya. Sehingga ia berkomitmen untuk tidak akan memutus amalan jariyah tersebut.

"Maka kita harap ada sinergi dalam hal sosial dan juga pendidikan dengan Pemprov, kaeena di Ansor ini adalah usia-usia produktif dan Jatim belakangan ini menjadi perhatian dunia industri. Maka kami harap GP Ansor dilibatkan, dijawil oleh Ibu Gubernur," katanya.

GP Ansor memiliki lembaga pendidikan vokasi dan juga memiliki sumbangsih selama ini di bidang kebencanaan. Dengan pengiatan sinergi menururnya akan menjadi kolaborasi kuat dalam menganbangkan Jawa Timur.

"Kami mohon dukungannya karena ke depan GP Ansir akan banyak kegiatan nggak hanya di tingkat kecamatan tapi di setiap ranting.

Ini dalam rangka Ansor menangkal radikalisme. Kami tidak akan mengizinkan sedikitpun radikalisme tumbuh di Jatim," pungkasnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved