Ibadah Haji 2019

Jemaah Haji Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem Arab Saudi, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Titip Pesan ini

Jemaah haji diminta waspadai cuaca ekstrem yang tengah melanda Arab Saudi di Musim Haji 2019 ini, tak terkecuali jemaah asal Sidoarjo.

Jemaah Haji Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem Arab Saudi, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Titip Pesan ini
SURYA.co.id/M. Taufik
Para jemaah haji asal Sidoarjo saat diberangkatkan dari Pendopo Sidoarjo, Minggu (28/7/2019). 

SURYA.co.id | Sidoarjo - Jemaah haji diminta waspadai cuaca ekstrem yang tengah melanda Arab Saudi di Musim Haji 2019 ini, tak terkecuali jemaah asal Sidoarjo.

Saat ini cuaca di Mekah sedang panas-panasnya hingga mencapai 42 derajat celcius.

Hal itu seperti yang dikatakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo Achmad Rofi'i di sela pemberangkatan jemaah haji asal Sidoarjo, Minggu (28/7/2019).

Menurut Achmad Rofi'i, karena cuaca ekstrim itu, musim haji tahun ini lebih berat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Suhu udara di Arab Saudi menyentuh angka 42 derajat celcius, bahkan diprediksi bisa terus meningkat sampai 45 derajat celcius," kata Rofi'i.

Bahkan di sana, selapas Magrib pun disebut suhu udaranya masih panas. Tentu jauh dibandingkan Indonesia yang rata-rata suhu udaranya mencapai 34 derajat celcius.

"Jadi, jemaah harua siap. Kondisi suhu udara itu harus menjadi perhatian. Jaga kesehatan dengan makan dan istirahat yang teratur," paparnya di sela pemberangkatan jemaah haji kloter 68 tersebut.

Kemenag sendiri, diungkapkannya juga melakukan beberapa langkah antisipasi. Diantaranya ada tenaga kesehatan yang disiapkan. "Di masing-masing kloter disiapkan satu dokter dan dua perawat," urainya.

Tahun ini total jumlah jamaah haji asal Sidoarjo 2.172 orang. Terbagi di 10 kloter. Enam kloter diisi warga Sidoarjo. Sedangkan empat kloter sisanya merupakan jemaah haji gabungan dengan Banyuwangi dan Bondowoso.

Jemaah haji kloter 68 dari Sidoarjo digelar di Pendopo, dipimpin oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Sebanyak 10 bus diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo sekira pukul 15.00 WIB.

Di sela pemberangkatan, Bupati Saiful Ilah juga berpesan kepada semua jemaah untuk ikut mendoakan Sidoarjo saat di tanah suci nanti. "Titip doa untuk Sidoarjo, agar menjadi lebih maju," pesan Saiful Ilah.

Ratusan pengantar juga terlihat ikut mengantarkan para jemaah yang hendak berangkat. Tak sedikit dari mereka terlihat sangat haru, bahkan menangis melepas keluarganya yang hendak beribadah ke tanah suci.

"Bismillah, semua semua berjalan lancar. Saya sudah siap berangkat. Sudah menunggu sekitar sembilan tahun," kata Nurwendi, warga Pondok Jati Sidoarjo.

Demikian halnya disampaikan beberapa jemaah lain. Mereka berharap bisa lancar menjalankan ibadah, dan pulang menjadi haji mabrur.

Penulis: M Taufik
Editor: Akira Tandika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved