Lapor Cak

Pemkot Surabaya: Trotoar Jalan Dr Soetomo dalam Tahap Pembenahan

"Pemerintah Kota Surabaya kini menjalankan proyek pedestrian baru di kawasan Jalan Dr Soetomo yang dikerjakan PU Bina Marga," tutur Rochim Yuliadi.

Pemkot Surabaya: Trotoar Jalan Dr Soetomo dalam Tahap Pembenahan
SURYAOnline/Habibur Rohman
DAMPAK AKAR - Sebagian pedestrian jalan di kawasan Jl Dr Soetomo rusak akibat akar tanaman yang menyembul ke permukaan, Kamis (25/7/2019). Selain mengganggu pemandangan, hal ini juga bisa merusak fungsi trotoar sebagai akses bagi pejalan kaki.  

Surya.co.id | SURABAYA -  Kasi Ruang Terbuka Hijau dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Rochim Yuliadi menyampaikan, pohon yang ada di trotoar tepi Jalan Dr Soetomo kini telah banyak ditebang untuk perbaikan trotoar.

"Pada jalur tepi kondisi eksisting banyak yang ditebang. Pemerintah Kota Surabaya kini menjalankan proyek pedestrian baru di kawasan Jalan Dr Soetomo yang dikerjakan oleh PU Bina Marga," tutur Rochim Yuliadi ketika dihubungi Surya.co.id, Kamis (25/7).

Lanjutnya, ada beberapa pohon eksisting yang terkena dampak proyek pembuatan trotoar tersebut. Sejauh ini yang paling banyak yaitu Pohon Angsana atau yang lebih sering disebut Pohon Sono.

"Pohon di trotoar yang terletak di sisi jalan akan dihabisi (ditebang) semua karena akan ada pembangunan gorong-gorong. Jadi, pada bagian atas yaitu pedestarian sementara pada bagian bawah dibangun saluran," ungkap Rochim.

Rochim pun mengakui bahwa memang akar Pohon Angsana yang melebar bisa merusak trotoar. Oleh karena itu, akan diperbaiki.

Setelah pembangunan proyek pedestarian di sana selesai, Rochim mengungkapkan pihaknya akan tetap menggalakkan penghijauan.

"Nanti akan ada pohon baru yang kami tanam. Rencananya yaitu Pohon Tabebuya," pungkas Rochim.


 

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved