Berita Surabaya

Blanko e-KTP Kosong dan Dikeluhkan Warga, Ini 'Solusi' yang Dipakai Dispendukcapil Surabaya

Untuk menangani blanko e-KTP yang kosong, dispendukcapil Surabaya mengeluarkan Virtual Certificate

Blanko e-KTP Kosong dan Dikeluhkan Warga, Ini 'Solusi' yang Dipakai Dispendukcapil Surabaya
surya/delya octovie
Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji, menunjukkan Surat Keterangan, Tanda Pengurusan Dokumen Kependudukan dan Virtual Certificate di kantornya di Gedung Siola, Kamis (25/7/2019). Ini dilakukan untuk menyiasati kosongnya blanko e-KTP. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tak sedikit warga Kota Surabaya yang menunjukkan kekecewaannya saat pulang dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Alih-alih menggenggam e-KTP baru, justru membawa Surat Keterangan ukuran A4 dan Tanda Pengurusan Dokumen Kependudukan.

Di antaranya adalah Meify Putri (22), yang mengurus e-KTP di Kantor Kecamatan Wonokromo. Ia mengurus e-KTP miliknya yang hilang pada Mei lalu, dan diminta kecamatan kembali dua bulan lagi untuk mengambil e-KTP.

"Tapi setelah dua bulan, saya hanya dapat Surat Keterangan A4 ini. Padahal kan saya sudah ada datanya di sana," keluh Meify, Kamis (25/7/2019).

Selain mendapat Surat Keterangan, Meify juga mendapat Tanda Pengurusan Dokumen Kependudukan.

Di bulan yang sama, ia mencoba menggunakan Tanda Pengurusan Dokumen Kependudukan untuk mengurus keperluan di bank dan perpajakan, tetapi tak diterima.

"Bisanya pakai yang A4 itu," ujarnya.

Teman Meify, Gian Nita (24), mempertanyakan kondisi tersebut, karena ia tidak merasakan kesulitan seperti Meify saat mengurus e-KTP.

"Saya mengurus di Kecamatan Tandes, itu bikin (e-KTP) cuma dua minggu (sudah jadi). Itu mengurus untuk pindah alamat," katanya.

Kepala Dispendukcapil, Agus Imam Sonhaji, mengatakan pihaknya sudah mengetahui kondisi ini.

Menurutnya, lamanya kepengurusan e-KTP dikarenakan berkurangnya stok blanko dan material dari pusat.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved