Lpaor Cak

Sembunyikan Sensor di Bawah Garis, Perubahan pada Ujian Praktik SIM  di Satpas Polresta Sidoarjo

"Selama ini banyak atau kerap tertabrak oleh peserta uji praktik, sehingga sensor kami ubah sistemnya," ungkap Kasat Lantas Polresta Sidoarjo.

Sembunyikan Sensor di Bawah Garis, Perubahan pada Ujian Praktik SIM  di Satpas Polresta Sidoarjo
SURYAOnline/m taufik
Seorang pemohon SIM melakukan ujian praktik di Satpas Polresta Sidoarjo, Rabu (24/7/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Ada yang berubah dalam lintasan uji praktik SIM (Surat Izin Mengemudi) di Satpas Polresta Sidoarjo.

Sejak awal pekan ini, sensor ultrasonik dipindahkan di bawah garis. Tepatnya di bawah garis putih lintasan uji praktik.

Kondisi itu berbeda dengan sebelumnya, sensor dipasang di tiang-tiang pendek yang berjejer di pinggir garis lintasan.

"Iya, ada perbaikan terhadap itu. Karena selama ini banyak atau kerap tertabrak oleh peserta uji praktik, sehingga sensor kami ubah sistemnya," ungkap Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar, Rabu (24/7/2019).

Perbaikan dilakukan sejak pekan lalu. Semua sensor dilepas kemudian diganti lokasinya di bawah garis pembatas. Sehingga, secara kasat mata seperti tidak ada sensornya.

Perubahan hanya pada lokasi sensornya saja. Tapi secara teknis, semua sama dengan sebelumnya. Sensor terkoneksi dengan komputer, kemudian otomatis menyala jika peserta uji praktik kendaraanya melewati batas garis.

"Tapi dalam praktiknya ada beberapa kelebihan. Yakni sensor lebih aman karena tidak lagi tertabrak kendaraan, kemudian lebih presisi lantaran sensornya berada persis di garis," tandas Fahrian.

Pihaknya menyarankan, warga yang hendak mengurus SIM baru untuk berlatih dulu di GOR Sidoarjo sebelum menjalani uji praktik di Satpas. Tujuannya, agar sekali praktik bisa langsung lulus.

Tidak mengulang-ulang. "Biar lebih efisien dan cepat. Kan tidak enak kalau tidak lulus, kemudian mengulang lagi. Lebih baik latihan dulu," sarannya.

Ya selama ini memang banyak sekali peserta ujian SIM yang gagal di uji praktik. Sehingga harus kembali lagi di kemudian hari untuk mengulang ujian praktiknya.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved