Pilwali Surabaya 2020

SGC: Sosok Ini Kandidat Paling Kuat untuk Gantikan Tri Rismaharini

Sosok ini dinilai memiliki relasi yang kuat dengan struktur partai di grass roots. Tingkat akar bawah ini merupakan mesin partai paling efektif

SGC: Sosok Ini Kandidat Paling Kuat untuk Gantikan Tri Rismaharini
foto: istimewa
Direktur Eksekutif SCG Didik Prasetiyono 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pascapergantian Ketua DPC PDIP Surabaya Whisnu Sakti Buana muncul spekulasi. Ada yang menyebut Wakil Wali Kota Surabaya ini akan fokus meningkatkan elektabilitasnya karena sebelumnya seluruh PAC mendukungnya sebagai bakal calon wali kota dari partai ini.

Namun ada spekulasi lain bahwa PDIP bisa jadi memunculkan sosok lain yang bisa menjadi bakal calon wali kota Surabaya.

"Namun saya pikir Mas Whisnu adalah tetap kandidat paling kuat di antara kandidat lain di internal PDIP," kata Direktur Surabaya Consulting Group (SCG) Didik Prasetiyono, Selasa (23/7/2019).

Didik melihat Petahana 2 Periode itu oleh dibilang adalah sebagai kandidat internal yang berada paling atas di antara kandidat lain.

Whisnu dinilai memiliki relasi yang  kuat dengan struktur partai di grass roots. Tingkat akar bawah ini merupakan mesin partai paling efektif digunakan dalam pertarungan elektoral.

Selain Whisnu ada kandidat bakal calon wali kota  yang layak dari internal PDIP.  Didik menyodorkan nama Puti Guntur Soekarno.

Cucu Bung Karno ini baru terpilih sebagai anggota DPR ri dengan raihan 139.794 Suara di Dapil Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo).

"Ini bisa menjadi modal cukup kuat sebagai kandidat untuk meneruskan tradisi Wali kota  Perempuan. Puti merupakan kandidat perempuan internal yang bisa menjadi kejutan," kata Didik.

Tidak hanya Puti, PDIP bisa saja menugaskan Ketua DPRD Surabaya Armuji. Kader PDIP ini bisa menjadi kandidat calon wali kota karena elektabilitasnya moncer.

Armuji terpilih sebagai anggota DPRD Jatim dengan memperoleh  136.308 suara di Dapil DPRD Provinsi Jatim I (Surabaya).

Raihan suara tertinggi di Dapil Jatim I dan masuk 10 Besar perolehan tertinggi di seluruh Jawa Timur untuk Caleg DPRD Provinsi.

"Pengalaman dan kemampuan elektoral akan menjadi daya tawar Armuji untuk menjadi kandidat wali kota PDIP," urai Didik.

Kandidat calon wali kota lain dari PDIP menurut Didik adalah Eri Cahyadi. Birokrat muda ini cukup cemerlang dalam karirnya. Ada kemiripan jejak sebelum Wali Kota Tri Rismaharini jadi wali kota hingga dua periode sekarang ini.

Bisa jadi DPP PDIP akan juga mempertimbangkan rekam jejak Risma yang memulai jabatan Kepala Daerah dari jenjang Birokrasi maka Eri akan menjadi alternatif. Meski Eri bukan kader PDIP. 

"Namun tentunya akan menunggu lampu hijau approval Risma ke Megawati," ucap Didik.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved