Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB Papua Saat Shalat Adalah Tulang Punggung Keluarga, ini Sosoknya

Prajurit TNI yang Gugur Diserang KKB Papua Saat Shalat Adalah Tulang Punggung Keluarga, berikut Sosoknya

Dok Pendam XVII/Cinderawasih
Proses pemakaman Pratu Anumerta Usman Halembo di Taman Makam Pahlawan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua (22/07/2019) 

SURYA.co.id - Sosok Pratu Usman Halembo prajurit TNI yang gugur diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua saat shalat, merupakan tulang punggung keluarga

Dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Sosok Pratu Usman, Prajurit TNI yang Gugur Saat Baku Tembak dengan KKB', prajurit TNI yang kena tembakan KKB Papua saat shalat ini meninggalkan dua adik yang berusia 7 dan 4 tahun

Ayah Pratu Usman Halembo sudah meninggal dunia pada 29 Januari 2019 lalu. Sedangkan ibunya Yohana Hubusa merupakan seorang sebagai ibu rumah tangga.

Proses pemakaman Pratu Anumerta Usman Halembo di Taman Makam Pahlawan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua (22/07/2019)
Proses pemakaman Pratu Anumerta Usman Halembo di Taman Makam Pahlawan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua (22/07/2019) (Dok Pendam XVII/Cinderawasih)

Detik-detik Kepala Prajurit Kopassus Nyaris Kena Tembakan KKB Papua, Selamat Gara-gara Hal Sepele

Kronologi Prajurit TNI Diserang KKB Papua Saat Sedang Shalat, Terjadi Baku Tembak & Gugur 1 Anggota

Usman yang merupakan anak sulung merupakan tulang punggung keluarga. Usman baru dua tahun bertugas sebagai prajurit TNI.

"Alamarhum betul tulang punggung keluarga karena adik-adiknya masih kecil semua," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, ketika dihubungi melalui telepon, Senin (22/7/2019).

Aidi menyebut, sosok Usman dikenal sebagai orang yang baik hati, berbakti terhadap orangtua, loyal terhadan kawan, suka menolong dan selalu gigih dalam ingin mencapai apa yang diinginkan.

Di kalangan rekan satu angkatan dan senior, Usman dikenal sebagai pribadi yang ulet dan rajin serta loyal terhadap atasan.

Aidi pun menyebut almarhum pantas diberikan gelar pahlawan pembangunan karena gugur ketika sedang mengawal pekerjaan pembangunan jalan Trans-Papua.

"Pratu Anumerta Usman Halembo Gugur sebagai Pahlawan Pembangunan Papua di Distrik Yuguru Kabupaten Nduga Papua pada 20 Juli 2019 Pukul 14.10 WIT, akibat serangan dari gerombolan separatis Papua saat almarhum sedang melaksanakan tugas negara mengawal pembangunan strategis nasional Trans-Papua," tuturnya.

Jenazah Pratu Usman Halembo berhasil di evakuasi ke Kabupaten Mimika, Minggu (21/7/2019)

Prada Usman Helembo merupakan pasukan Satgas Yonif 755/Yallet yang ditembak KKB Papua di lokasi pembangunan jembatan Yuguru-Kenyam, Distrik Yugur, saat sedang istirahat dan shalat, Sabtu (20/72019).

Dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Jenazah Pratu Mukamu yang Gugur Ditembak KKB Diterbangkan ke Kampung Halaman', jenazah Prada Usman Helembo dievakuasi dengan menggunakan Helly Bel 412 EP/HA -5178 TNI AD yang di piloti Mayor Cpn Suwardi.

Tujuan Utama KKB Papua Tembaki Brimob, Gagalkan Pemilu hingga Urusan dengan Pemerintah Indonesia
Tujuan Utama KKB Papua Tembaki Brimob, Gagalkan Pemilu hingga Urusan dengan Pemerintah Indonesia (Antara Foto/Iwan Adisaputra)

Sekitar pukul 09.37 WIT, Helly Bell 412 EP/HA-5178 TNI AD yang dipiloti oleh Mayor Cpn Suwardi, take off dari Hanggar Penerbad Bandara Mozes Kilangin Mimika menuju Camp PT PP di Kampubg Yuguru.

Lalu, sekitar pukul 11.13 WIT, Helly Bel 412 EP/HA-5178 TNI AD landing di Hanggar Penerbad Bandara Mozes Kilangin Mimika untuk selanjutnya jenazah dibawa ke rumah sakit Caritas Mimika.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved