Berita Gresik

Perbup Gresik tentang Syarat Calon Kades Digugat, Saudji: Mantan Koruptor saja Boleh Jadi Caleg

Calon Kepala Desa Sembayat Saudji mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA) terkait Peraturan Bupati Gresik soal sayarat calon kades.

Perbup Gresik tentang Syarat Calon Kades Digugat, Saudji: Mantan Koruptor saja Boleh Jadi Caleg
SURYAOnline/sugiyono
KOORDINASI - Calon kades Sembayat Kecamatan Manyar Saudji (kanan, kaos biru) koordinasi dengan advokat terkait pemberhentian dirinya menjadi calon kades, Selasa (23/7/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Calon Kepala Desa Sembayat Saudji mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA) terkait Peraturan Bupati Gresik tentang persyaratan menjadi calon kepala desa.

Saudji menilai Perbup Nomor 12 Tahun 2015 tentang pedoman pencalonan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa Juncto Perda Nomor 8 Tahun 2018 merugikan dirinya selaku mantan kepala desa.

Dia mengaku hak berpolitiknya dihadang peraturan yang melarang seseorang menjadi calon kades hanya karena pernah terjerat kasus korupsi.

"Masak Perbup mengalahkan Peraturan Menteri. Calon legislatif mantan koruptor saja boleh, masak jadi calon kades tidak boleh," kata Saudji, Selasa (23/7/2019).

Saudji pensiunan Polri dan mencalonkan kembali menjadi Kepala Desa Sembayat Kecamatan Manyar. Kemudian pencalonannya tidak diloloskan oleh panitia Pilkades akibat adanya Perbub yang dinilai menjegalnya di tengah jalan.

"Saya sebagai warga negara Indonesia, saya berhak untuk dipilih dan memilih. Perbup ini sama dengan melanggar hak asasi manusia, sebab membatasi hak orang untuk berdemokrasi," imbuhnya.

Kasus tersebut sudah dilaporkan ke DPRD Gresik, namun juga belum ada keputusan untuk menunda pelaksanaan Pilkades di Desa Sembayat Kecamatan Manyar.

"Kita sudah audiensi dengan DPRD Gresik untuk menunda pelaksanaan Pilkades di Desa Sembayat, sebab ada proses peninjauan kembali di MA terhadap Perbup yang menjadi landasan Pilkades," katanya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved