Single Focus

Fasilitas Literasi Kafe di Surabaya, Beda Konsep The Localist Coffee dan C2O Library & Collabtive

Kini, tak sekadar untuk nongkrong, kafe-kafe mulai banyak yang menyediakan perpustakaan yang buku-bukunya bisa dibaca oleh pengunjung.

Fasilitas Literasi Kafe di Surabaya, Beda Konsep The Localist Coffee dan C2O Library & Collabtive
SURYAOnline/delya octovie
Kegiatan mendongeng dilakukan di The Localist Coffee & Bistro, Minggu (21/7/2019). Mendongeng dilakukan tiap Sabtu atau Minggu pukul 10.00 WIB. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kafe cantik nan fotogenik tersebar di berbagai sudut Kota Pahlawan. Kini, tak sekadar untuk nongkrong, kafe-kafe mulai banyak yang menyediakan perpustakaan yang buku-bukunya bisa dibaca oleh pengunjung sambil menikmati hidangan.

Dua di antaranya adalah The Localist Coffee & Bistro serta C2O Library & Collabtive.

Keduanya sama-sama mengusung literasi, namun memiliki konsep yang berbeda.

The Localist yang terletak di Jl. Arif Rahman Hakim No.40, Klampis Ngasem, Sukolilo ini menitikberatkan pada kenyamanan anak-anak.

Kafe yang terdiri dari dua ruangan besar itu, memiliki area yang terdiri dari perpustakaan kecil, rumah-rumahan dan sejumlah permainan anak-anak.

Koleksi buku perpustakaan kecil tersebut tidak hanya untuk anak-anak saja, tetapi ada juga buku-buku yang bisa dibaca pengunjung dewasa.

"Kami tujuannya memang untuk literasi juga, makanya kami berikan sudut baca," ujar Harini Riana, General Manager The Localist, Minggu (21/7/2019).

Supaya kegiatan literasi lebih menarik, setiap Sabtu atau Minggu, The Localist mengadakan kegiatan mendongeng untuk anak-anak yang digelar mulai pukul 10.00 WIB.

"Kalau kafe biasa saja kan sudah banyak ya, kami menyediakan kafe yang diperuntukkan pada keluarga. Kami ingin para orang tua yang mau bekerja, tapi juga ingin anaknya bersenang-senang, punya tempat untuk bekerja santai sambil anak-anaknya membaca, main," jelas Ria, panggilan akrabnya.

Ria mengatakan, banyak kafe yang melupakan kebutuhan satu di antara target pasar mereka, yakni para ibu, terutama yang ingin nongkrong sambil membawa anak.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved