Berita Bangkalan

29 Desa di 9 Kecamatan Alami Kekeringan dan Krisis Air Bersih, Ini yang Dilakukan Pemkab Bangkalan

BPBD Bangkalan sebut 29 desa di sembilan kecamatan mengalami krisis air bersih akibat kekeringan

29 Desa di 9 Kecamatan Alami Kekeringan dan Krisis Air Bersih, Ini yang Dilakukan Pemkab Bangkalan
surya/ahmad faisol
Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron, memberangkatkan enam armada truk air bersih dari Pendapa Agung menuju desa-desa terdampak kekeringan, Selasa (2/7/2019). 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan melakukan pemetaan daerah kekeringan akibat musim kemarau. Hasilnya, 29 desa berstatus kering kritis dan tujuh desa berstatus kering langka.

Puluhan desa terdampak kekeringan itu tersebar di sembilan kecamatan. Sedikitnya, 36 ton liter air bersih diberangkatkan dari Pendapa Agung Bangkalan dengan menggunakan enam truk tangki air, Selasa (23/7/2019). Masing-masing tangki berkapasitas 6 ton atau 6.000 liter air.

"Kami droping air bersih ke daerah-daerah yang terdampak kekeringan," ungkap Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron usai melepas enam tangki.

Ia menjelaskan, krisis air bersih yang melanda sebagian wilayah pedesaan di Kabupaten Bangkalan itu merupakan akibat kondisi hari tanpa hujan.

"Untuk hari ini, kami distribusikan bantuan air bersih ke desa-desa di Kecamatan Kokop dan Kecamatan Kwanyar," pungkasnya.

Berdasarkan pemetaan BPBD Bangkalan terhadap daerah terdampak kekeringan di tahun 2019, jumlah desa terdampak kekeringan terbanyak di Kecamatan Konang, tujuh desa dan Kokop, tujuh desa.

Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Moris, menambahkan ada dua kategori kekeringan yang terjadi di Bangkalan.

Pertama kering kritis adalah suatu kondisi di mana tidak ada sumber air di suatu desa dan sumber air yang ada berjarak sejauh di atas 10 Kilometer.

"Sedangkan kering langka adalah sumber air yang ada mengering di musim kemarau. Di musim normal, sumber air tersedia. Makanya, kering kritis lebih didahulukan," ungkapnya.

Ia menjelaskan, satu tangki air bersih mampu mencukupi kebutuhan 30 kepala keluarga.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved