Press Release

UPN Veteran Jatim Galakkan E-Commerce lewat Pengabdian Masyarakat

Dalam kegiatan ini juga diberikan pelatihan untuk menggunakan laptop yang diserahkan untuk masyarakat pemilik usaha.

UPN Veteran Jatim Galakkan E-Commerce lewat Pengabdian Masyarakat
ist
Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jatim di Desa Jati, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban 

SURYA.co.id | TUBAN - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur mengadakan Pengabdian Masyarakat di Desa Jati, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menggalakkan ekonomi kerakyatan.

"Karena itu, pengabdian masyarakat ini diberi tajuk Implementasi E-Commerce Berbasis Legalitas Kontrak sebagai Upaya Peningkatan Pangsa Pasar untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Jati, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban,” tutur Nurjanti Takarini, ketua kelompok pengabdian masyarakat tersebut. 

Pengabdian Masyarakat ini diselenggarakan di Desa Jati, selama 2 hari, yakni pada 20 Juli dan 21 Juli 2019.

Di hari pertama, dilaksanakan Forum Group Discussion bertajuk "Manajemen Problem Solving Mitra Usaha".

Dilanjutkan hari kedua berupa penyuluhan dan pelatihan bertajuk "Manajemen E Commerce Berbasis Legalitas Kontrak"

“Subyek pengabdian masyarakat ini adalah masyarakat Desa Jati yang merupakan pemilik usaha kecil pengrajin kedelai tempe, pengrajin karya tangan, pengrajin olah limbah kayu, dan pengrajin keripik singkong. Pengrajin-pengrajin ini merupakan pemilik usaha-usaha kecil rumahan yang belum masuk dalam UMKM.” Jelas Nurjanti.

Pengabdian Masyarakat ini menyajikan penyuluhan sekaligus pelatihan. Untuk penyuluhan, dipaparkan terkait topik manajemen pemasaran, e-commerce atau perdagangan online, dan ketiga membahas terkait legalitas bisnis online.

Dalam kegiatan ini juga diberikan pelatihan untuk menggunakan laptop yang diserahkan untuk masyarakat pemilik usaha, untuk selanjutnya dapat digunakan untuk e-commerce.

Maksud dari penyuluhan adalah agar usaha kecil di Desa Jati dapat memiliki pemahaman pemasaran, dapat memasarkan secara online, dan memahami pengaturan hukum perdagangan online supaya tidak bermasalah secara hukum.

Harapannya, melalui pengabdian masyarakat melalui penyuluhan dan pelatihan, perdagangan produk-produk asli Desa Jati, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa tersebut, khususnya usaha-usaha kecil rumahan, sampai dengan dapat menjadi UMKM dan usaha lebih besar lagi. tutup Nurjanti.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved