Gugatan di MK Tak Dilanjutkan, KPU Sidoarjo Langsung Tetapkan Hasil Pemilu

KPU Sidoarjo bergerak cepat begitu mendengar gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dilayangkan Caleg DPR RI Bambang Haryo tidak dilanjutkan.

Gugatan di MK Tak Dilanjutkan, KPU Sidoarjo Langsung Tetapkan Hasil Pemilu
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Suasana rapat pleno terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Sidoarjo dalam Pemilu 2019 di Hotel Luminor Sidoarjo, Senin (22/7/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - KPU Sidoarjo bergerak cepat begitu mendengar gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dilayangkan Caleg DPR RI Bambang Haryo tidak dilanjutkan.

KPU langsung menggelar rapat pleno terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Sidoarjo dalam Pemilu 2019, Senin (22/7/2019).

Rapat pleno yang digelar di hotel Luminor Sidoarjo itu dihadiri oleh para petinggi partai peserta pemilu 2019. Termasuk Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah dan Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudin, keduanya juga pimpinan PKB Sidoarjo.

"Hari ini digelar sidang putusan sela di MK, dan Alhamdulillah gugatan dari caleg DPR RI itu tidak dilanjutkan. Sehingga sekarang sudah klir, KPU Sidoarjo tidak ada masalah," kata komisioner KPU Sidoarjo Miftahul Rohmah di sela acara.

Gugatan yang dimaksud adalah gugatan dari Caleg DPR RI asal Partai Gerindra Bambang Haryo yang menggugat ke MK dengan dalil rekannya sesama caleg Gerindra Rahmat Muhajirin terindikasi money politics lantaran bukan orang populer tadi bisa meraup suara terbanyak.

Sekarang sudah klir, karena sudah ada putusan sela dari MK. Sehingga KPU Sidoarjo dianggap sudah tidak bermasalah sama sekali.

Dalam pleno tersebut ditetapkan PKB sebagai pemenang pemilu 2019 di Sidoarjo, disusul PDIP, dan di urutan ketiga, Partai Gerindra.

PKB memperoleh 16 kursi, PDIP 9 kursi sedangkan Gerindra 7 kursi.

Sementara di urutan keempat adalah PAN dengan 5 kursi, Golkar dan PKS mendapat 4 kursi, sedangkan Demokrat dan Nasdem sama sama 2 kursi lalu urutan terakhir PPP hanya 1 kursi.

Ketua KPU Sidoarjo, Mukhammad Iskak, mengatakan proses pemilu 2019 di Sidoarjo dianggap sudah selesai setelah dilakukan penetapan perolehan kursi anggota dewan. Meski dalam perjalanan banyak persoalan dan dinamika.

"Dalam tiga hari ke depan kita akan melakukan pengusulan calon dewan terpilih ke Gubernur melui Bupati," katanya.

Oleh karena itu, menurut Iskak, dalam penetapan calon dewan terpilih ini biar cepat di proses dan efisien tentu ia berharap penetapan berakhir di sini. Dengan tidak ada lagi keberatan dari partai maupun bawaslu.

"Meskipun pada penetapan tidak disebutkan dua partai PBB dan PKPI, karena partai tidak melaporkan dana akhir kampanye," tukasnya.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved