Berita Trenggalek

Tutup Prosadin ke-4 Jatim di Trenggalek, Wagub Emil Paparkan Konsen Pemprov untuk Madin

Pekan Olahraga dan Seni antar-Diniyah (Porsadin) ke-4 yang digelar di Kabupaten Trenggalek ditutup oleh Wagub Jatim, Emil Dardak, Minggu (21/9/2019)

Tutup Prosadin ke-4 Jatim di Trenggalek, Wagub Emil Paparkan Konsen Pemprov untuk Madin
surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin
Wagub Jatim, Emil Dardak menyerahkan piala juara umum Porsadin ke-4 Jatim di Kabupaten Trenggalek, Minggu (21/7/2019). 

SURYA.co.id | TRENGGALEK - Pekan Olahraga dan Seni antar-Diniyah (Porsadin) ke-4 yang digelar di Kabupaten Trenggalek ditutup, Minggu (21/9/2019). Porsadin ditutup oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.

Juara umum Porsadin yang diikuti 35 kabupaten/kota se-Jatim itu diraih Kabupaten Gresik. Setelah ini, DPW Forum Komunikasi Diniyah Tamiliyah (FKDT) Jatim akan menyiapkan tim untuk Porsada nasional di Bangka Belitung.

Emil menjelaskan, Pemprov Jatim punya beberapa upaya untuk meningkatkan mutu madrasah diniyah (Madin). Antara lain, peningkatan bantuan operasional sekolah daerah (Bosda) Madin hingga 30 persen, memberian beasiswa S-1 dan S-2, serta S-1 mahad aly.

“Beasiswa S-1 sebanyak 2.035 guru madin, mahad aly 240, dan S-2 340,” kata Emil, usai menutup Porsadin.

Sementara untuk Bosda Madin, realiasi nominal setiap satu guru Madin dengan jumlah murid 30 orang menerima Rp 300.000 per bulan. Untuk madin kelas ula dan ustaz Rp 15.000 dan Rp 25.000 per bulan.

Emil juga berterima kasih Porsadin Jatim digelar di Trenggalek. Ia berharap, pemprov bisa lebih mendukung kegiatan itu sebagai wadah kreasi siswa madin dalam pagelaran serupa dua tahun mendatang.

Ketua DPW FKDT Jatim Satuham Akbar menjalaskan, Porsadin kali ini diikuti oleh 35 kabupaten/kota dengan jumlah anak didik yang hadir sekitar 4.000 orang. Setelah ini, FKDT akan berfokus untuk menyiapkan kontingen Porsadin nasional 27 Oktober 2019 di Bangka Belitung.

Ia berharap, Jatim bisa menjadi juara umum pada perhelatan itu. Dalam dua perhelatan terakhir, Jatim berhasil meraih juara umum.

“Untuk bisa mengikuti itu, kami butuh biaya banyak, karena lokasinya di luar pulau. Sekitar Rp 200 juta,” ungkapnya. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved