Breaking News:

Single Focus

Rutin Ajak Anak Baca Buku dan Bermain ke Perpustakaan Untuk Lepaskan Anak dari Gadget

Di Surabaya, semakin banyak tempat-tempat umum yang nyaman menjadi tempat untuk membaca dan bermain.

surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Suasana Perpustakaan Rakyat Pegesangan di komplek kantor kelurahan, Jumat (19/7). Perpustakaan yang dikelola semua warga RW 1 sampai RW 4 itu masuk ke dalam enam nominasi perpustakaan terbaik tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) tahun 2019. Program rutin perpustakaan diantaranya Sambang Perpus, Ibu Mendongeng, Perpus Keliling, Pelatihan UMKM, melukis, membuat packaging yang menarik, dan masih banyak lagi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Aktivitas membaca dapat dilakukan di mana saja, termasuk di tempat-tempat umum.  Seperti yang banyak terlihat di Surabaya, warga kini bisa membaca di taman, tempat yang teduh dan sejuk.

Alternatif lain, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pun menghadirkan sejumlah perpustakaan di kelurahan hingga di Balai RW.

Salah satunya, Perpustakaan Rakyat yang terletak di Jalan Pagesangan III/06 Surabaya, masuk dalam enam nominasi perpustakaan terbaik tingkat nasional yang digelar Perpustakaan Nasional (Perpusnas) 2019.

Seminggu sekali, perpustakaan yang berdiri sejak 2012 ini menggelar lapak membaca di bantaran sungai yang bisa dikunjungi siapa saja.

Tak hanya membaca, ada kegiatan bermain dan mendongeng. Manfaat perpustakaan rakyat ini, sangat dirasakan Ani Susilowati.

Ibu dari dua anak yang duduk di bangku TK dan 3 SD ini menuturkan, perpustakaan bisa menjadi sarana bagi anaknya untuk belajar sambil bermain.

"Di sini mereka berhenti bermain gadget. Kalau di rumah mainnya ya ponsel. Perpustakaan ini juga bisa meningkatkan budaya literasi bagi anak," ungkap Ani.

Kebetulan, lanjutnya, anaknya yang duduk di bangku kelas 3 SD memang suka membaca. "Karena rumah saya dekat dari sini, anak-anak sepulang sekolah bisa mampir ke perpustakaan ini terlebih dahulu," terang Ani.

Ia berharap Perpustakaan Rakyat Pagesangan bisa menjadi wadah untuk anaknya meningkatkan kemampuan literasi dan bersosialisasi dengan sesama teman.

Dewi Erawati, Kepala Perpustakaan Pagesangan mengatakan, sekitar 9500 buku tersedia bagi masyarakat umum.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved