DPRD Kota Surabaya

Masa Tua harus Bahagia, Cak Ji Senang Bisa Senam Bareng Para Lansia

Sekitar 300 lansia dari berbagai penjuru Kota Surabaya, lalu berbaur bersama warga dari berbagai usia untuk menikmati suasana di arena CFD.

Masa Tua harus Bahagia, Cak Ji Senang Bisa Senam Bareng Para Lansia
SURYAOnline/nuraini faiq
SENAM - Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji ikut senam lansia bersama ratusan anggota Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (Porpi), Minggu (21/7), di arena CFD Jl Raya Darmo. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tawa dan canda para lansia (lanjut usia) terdengar saat mereka berkumpul di arena car free day (CFD) di Jl Raya Darmo Surabya, Minggu (21/7). Mereka juga saling berbagi cerita.

Mereka seakan menemukan dunia yang sesungguhnya. Tidak saja bisa tertawa lepas, tapi juga merasa nyaman karena berada di tengah-tengah generasi seusia. Mereka adalah para anggota Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (Porpi) Surabaya.

Seolah mereka juga lupa sudah tidak muda lagi. Semangat mereka yang menjadikan kaum sepuh itu sejenak melupakan kondisi fisiknya. Para lansia Surabaya itu asyik mengikuti senam lansia.

Sekitar 300 lansia itu berdatangan dari berbagai penjuru Kota Surabaya, lalu berbaur bersama warga dari berbagai usia untuk menikmati suasana di arena CFD Jl Raya Darmo. Para lansia itu berolahraga bersama di area terbuka.

"Kaum lansia Surabaya harus bahagia. Pemerintah dan kita semua harus memberikan prioritas dan fasilitas khusus di setiap area publik. Senang bisa menjadi bagian dari mereka," ucap Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji yang ikut senam bersama para lansia.

Pria yang akrab disapa Cak Ji ini ikut berbaur bersama kaum lansia Surabaya. Politisi PDIP ini ikut menjadi peserta senam pernafasan yang diperagakan ratusan lansia itu.

Para lansia itu mengenakan seragam mereka. Celana training putih dipadu kaus dengan warna senada. Mereka sempat mencuri perhatian para pengunjung CFD. "Kami biasa rutin senam pernafasan di depan Perpustakaan Bank Indonesia (BI) ini," kata Ketua DPC Porpi Surabaya Hartantro.

Senam yang diperagakan anggota Porpi ini adalah gerakan senam dengan basic pernafasan. Gerakannya mirip gerakan Taichi master, yang sudah ada sejak tahun 1987.

Mirip gerakan kungfu, namun halus dan mengandalkan pernapasan, seirama dengan alunan musik yang mengiringinya. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan gerak pacu jantung agar lebih sehat sekaligus mengatur pernafasan.

Baik Cak Ji maupun para lansia anggota Porpi Surabaya itu tampak menikmati setiap gerakan senam yang mereka lakukan. "Pegel-pegel jadi ilang, dengkek gak kemeng, pokoke sehat nang awak," celoteh Cak Ji disambut tawa para lansia.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved