DPRD Kota Surabaya

Ketua DPRD Surabaya Armuji: Lansia Butuh Wadah Berekspresi

Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan car free day (CFD) selama ini.

Ketua DPRD Surabaya Armuji: Lansia Butuh Wadah Berekspresi
SURYAOnline/nuraini faiq
BERSAMA – Beberapa warga lansia anggota Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (Porpi) berpose bersama Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji, di arena CFD Jl Raya Darmo, Minggu (21/7) pagi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan car free day (CFD) selama ini. Banyak warga Surabaya yang memanfaatkan kegiatan ini untuk berolahraga. Bahkan ada kegiatan ekonomi kerakyatan di setiap kegiatan CFD yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Armuji pun meminta kepada masyarakat Surabaya agar bisa memanfaatkan CFD di Jl Darmo, selain hanya jalan-jalan dan tempat hiburan, juga sebagai sarana untuk berolahraga.

Minggu (21/7) pagi kemarin, Armuji yang memilih berjalan kaki ke arena CFD dari kediamannya di Jl Porong menuju Jl Darmo itu juga memanfaatkan CFD untuk berolahraga. Dia ikut senam pernafasan bersama para kaum lansia.

Armuji yang pada Agustus mendatang akan bertugas di DPRD Jatim itu ikut berbaur dengan ratusan lansia yang tergabung sebagai anggota Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (Porpi) Surabaya. Armuji mengaku ingin selalu dekat dengan masyarakat Surabaya, termasuk dengan kaum lansia.

Khusus untuk para lansia, menurut Armuji, sudah seharusnya mereka mendapat perhatian khusus. Para lansia di Surabaya selama ini berhak atas bantuan makanan tambahan. Tetapi, mestinya tidak sebatas itu. Harus diperhatikan pula kebutuhan jasmani dan rohani mereka.

"Perlu penghargaan khusus dengan memposisikan lansia sebagai warga istimewa. Mereka hanya perlu ruang dan dihargai sebagian orangtua" kata Cak Ji, panggilan akrab Armuji.

Dikatakan, para lansia hanya membutuhkan wadah untuk berkegiatan dan berkarya. Mereka perlu berinteraksi dengan kaum seusia mereka. Mereka mempunyai kebanggaan tersendiri saat bisa berada di komunitasnya. Menurut Cak ji, kebanggaan itu tidak bisa ditukar dengan uang.

Cak Ji mengatakan ,CFD memang disediakan khusus untuk warga Surabaya agar bisa dimaksimalkan untuk kegiatan positif, salah satunya untuk berolahraga.

Saat menggelar senam pernafasan dengan 300-an peserta kemarin itu bertepatan dengan Hari Jadi ke-32 DPC Porpi Surabaya. Ketua Porpi Surabaya Hertantro juga melantik kepengurusan dua ranting, yakni Ranting Kecamatan Gunung Sari Indah dan Rungkut.

Di Surabaya, warga lansia antusias ikut keanggotaan Porpi. Ada 30 ranting aktif di berbagai kecamatan yang terdiri dari sekitar 4.000 anggota. Di Jagir saja misalnya, ada sekitar 400 anggota Porpi, sedangkan di Gunung Anyar ada sekitar 300-an anggota.

Harapannya, jumlah tersebut bisa terus berkembang karena Porpi memiliki banyak manfaat, khususnya bagi para lansia. Sehingga pemerintah memiliki peran untuk melanggengkan komunitas olahraga sekaligus segala bentuk kegiatannya.

“Dukungan Cak Ji terhadap eksistensi Porpi ditunjukkan dengan memfasilitasi kegiatan Minggu pagi kami. Baik soundsystem, meja peraga, juga konsumsi. Banyak peran Cak Armuji di Porpi,” terang Hartantro. (fai)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved