Berita Surabaya

Dokter Spesialis Ungkap Cara Mendeteksi Gangguan Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

Gangguan tumbuh kembang anak cukup beragam, meskipun bukan kelainan bawaan sejak lahir. Untuk itu orang tua harus lebih cermat

Dokter Spesialis Ungkap Cara Mendeteksi Gangguan Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini
SURYA.co.id/Sulvi Sofiana
dr Sulis Bayusentono SpOT(K) dalam Seminar Tumbuh Kembang Anak “Maximising Your Child’s Growth and Development in the 21st Century”di lobby manajemen Rumah Sakit Royal Surabaya, Sabtu (20/7/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gangguan tumbuh kembang anak cukup beragam, meskipun bukan kelainan bawaan sejak lahir. Untuk itu orang tua harus lebih cermat dalam melihat perkembangan anak.

Salah satu kelainan yang kadang tidak disadari orang tua yaitu kelainan pada tulang.

Spesialis ortopedi, dr Sulis Bayusentono SpOT(K) mengungkapkan pada masa perkembangan, perhatian mengenai tumbuh kembang tulang anak juga patut diperhatikan.

Kerapkali, orangtua sedikit menyepelekan postur tulang anak ataupun posisi duduk anak yang berdampak pada kesehatan tulang kedepannya.

"Kelainan tumbuh kembang seperti kaki pengkor pada anak biasanya kelihatan, tetapi sendi panggul ini nggak kelihatan,"urainya dalam Seminar Tumbuh Kembang Anak “Maximising Your Child’s Growth and Development in the 21st Century”di lobby manajemen Rumah Sakit Royal Surabaya, Sabtu (20/7/2019).

Sayangnya orang tua kadang bingung ke dokter mana, dan ini butuh waktu hingga mendapat spesialis yang tepat menangani masalah tumbuh kembang pada anak.

Kelainan tulang bawaan ada yang tampak jelas dari luar, lebih banyak yang tidak kelihatan. Seperti Kasusosteomalacia, kelainan tulangnya bisa merubah struktur tulangnya, atau tulang saling melengket.

Jenis kelainan tulang lainnya mungkin mengenai pembentukan tulang iga, atau tulang belakang yang tidak sempurna sehingga struktur tulang belakang tidak lurus atau yang biasa disebut scoliosis.

"Kasus scoliosis bisa dideteksi saat memandikan bayi atau anak, ibu meraba ada bagian tulang yang menonjol di bagian punggung. Kepastian bahwa itu suatu kelainan tulang punggung dipastikan dengan pembuatan foto rontgen,"urainya.

Apabila scoliosis belum juga terdeteksi, kelainan struktur tulang belakang mungkin baru nampak setelah anak mulai bisa berjalan.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved